Penerapan metode Error Correction Model (ECM) Domowitz-El Badawi untuk analisis pertumbuhan ekonomi berdasarkan tenaga kerja, inflasi, dan pertumbuhan penduduk di Kabupaten Blitar tahun 2010 hingga 2014 / Putri Noviasari

Noviasari, Putri (2019) Penerapan metode Error Correction Model (ECM) Domowitz-El Badawi untuk analisis pertumbuhan ekonomi berdasarkan tenaga kerja, inflasi, dan pertumbuhan penduduk di Kabupaten Blitar tahun 2010 hingga 2014 / Putri Noviasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Noviasari, Putri. 2019. Penerapan Model Error Correction Model Domowitz-El Badawi untuk Analisis Pertumbuhan Ekonomi Berdasarkan Tenaga Kerja, Inflasi dan Pertumbuhan Penduduk di Kabupaten Blitar Tahun 2010 hingga 2014. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Triangsih Eni Lestari S.Si, M. Si Kata kunci : Regresi Linier, ECM Domowitz-El Badawi Regresi linier juga dapat digunakan untuk data time series yang menyangkut masalah perekonomian. Pada data time series terutama data tentang ekonomi banyak terdapat data tidak stasioner yang disebabkan oleh tidak terduganya kenaikan atau penurunan nilai dikarenakan kondisi suatu daerah yang tidak selalu sama terutama di bidang ekonomi (Widarjono, 2017). Data yang tidak stasioner jika diolah menggunakan analisis regresi maka regresi yang dihasilkan merupakan regresi lancung (Widarjono, 2017). Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Error Correction Model (ECM) Domowitz-El Badawi. Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui hasil estimasi menggunakan metode ECM Domowitz-El Badawi untuk jangka panjang dan jangka pendek. Selanjutnya, metode ini diterapkan pada data jumlah tenaga kerja (X1), inflasi (X2), pertumbuhan penduduk (X3) terhadap pertumbuhan ekonomi (Y) mulai Januari 2010 hingga Desember 2014. Hasil model jangka pendek : Sedangkan untuk model jangka panjang :. Berdasarkan persamaan regresi yang diperoleh pada model ECM Domowit-El Badawi dapat disimpulkan bahwa variabel tenaga kerja yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92670

Actions (login required)

View Item View Item