Intelligent tutoring system untuk identifikasi tingkat pemahaman hukum nun sukun atau tanwin santri Madin Al-Fadholi Malang / Rifqi Rifa Nisa'

Nisa', Rifqi Rifa (2020) Intelligent tutoring system untuk identifikasi tingkat pemahaman hukum nun sukun atau tanwin santri Madin Al-Fadholi Malang / Rifqi Rifa Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa’, Rifqi Rifa. 2019. Intelligent Tutoring System untuk Identifikasi Tingkat Pemahaman Hukum Nun Sukun atau Tanwin Santri Madin Al-Fadholi Malang. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Mohamad Yasin, S.Kom., M.Kom. Kata kunci : Intelligent Tutoring System, sistem pakar, adobe flash, nun sukun atau tanwin. Indonesia merupakan Negara dengan penduduk paling banyak beragama islam yang harus melaksanakan sholat dan mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Salah satu yang ilmu yang mempelajari bacaan Al-Quran adalah ilmu tajwid tentang hukum nun sukun atau tanwin. Kegiatan pembelajaran kurang praktis karena masih menggunakan buku cetak sebagai media dalam belajar. Selain itu dalam mempelajari hukum nun sukun atau tanwin memiliki bentuk rangkaian bacaan berbeda-beda dalam pengucapannya, sehingga dibutuhkan ketelitian dalam pengucapan agar tidak salah artinya. Dengan demikian diperlukan aplikasi yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dengan baik dan benar sekaligus membantu mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa. Intelligent Tutoring System merupakan sistem komputer dengan dasar kecerdasan buatan berbasis sistem pakar yang dapat menirukan mimik manusia ketika memberi pengajaran, salah satunya pengajaran dalam bentuk materi maupun audio. Maka tujuan penelitian ini adalah Intelligent Tutoring System untuk sarana menyampaikan materi dan juga mengidentifikasi tingkat pemahaman hukum nun sukun atau tanwin untuk santri Madin Al-Fadholi yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam rancang bangun perangkat lunak Intelligent Tutoring System adalah dengan metode Waterfall. Terdapat 5 langkah penelitian, yaitu (1) requirement, (2) design, (3) implementation, (4) verification, (5) maintenance. Produk yang telah dikembangkan akan divalidasi ke validator ahli media, ahli materi, serta pengguna yaitu guru dan siswa. Produk yang dihasilkan berupa file .apk yang dapat digunakan pada android. Aplikasi ini telah diuji kevalidan selama penelitian. Hasil validasi ahli materi dan ahli media didapatkan masing-masing 4,60 dan 4,80 keduanya memiliki tingat yang sangat valid dari rentang 4 < V < 5. Hasil uji selanjutnya dilakukan oleh pengguna yaitu 3 guru dan 16 murid dengan masing-masing 4,63 dan 4,33 keduanya memiliki tingkat yang sangat valid juga. Berdasarkan rata-rata nilai kevalidan semua validator yaitu 4,59 dengan tingkat yang sangat valid. Maka diketahui bahwa aplikasi Intelligent Tutoring System untuk identifikasi tingkat pemahaman hukum nun sukun atau tanwin dinyatakan sangat valid, efektif, serta layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92664

Actions (login required)

View Item View Item