Sistem pendukung keputusan rekrutmen pegawai menggunakan metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA) / Rima Intan Nur Kumala

Kumala, Rima Intan Nur (2020) Sistem pendukung keputusan rekrutmen pegawai menggunakan metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA) / Rima Intan Nur Kumala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kumala, Rima Intan N. 2019. Aplikasi Rekrutmen Pegawai Menggunakan Metode Multi Objective Optimization by Ratio Analysis. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Mahmuddin Yunus, S.Kom, M.Cs. Kata Kunci: Rekrutmen, Pegawai, MOORA. Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal yang penting dalam menjamin bahwa bagi organisasi tersedia tenaga kerja profesional dan handal. Tenaga kerja atau pegawai yang berkualitas menjamin dalam kesuksesan suatu instansi, sehingga instansi sangat selektif dalam pemilihan calon pegawai. Namun masalah dalam perekrutan pegawai adalah bagaimana memilih calon pegawai yang berkualitas serta bermutu dengan mempertimbangkan hasil dari tes yang sudah diberikan oleh instansi kepada calon pegawai dan mempertimbangkan nilai keakuratan dari persyaratan yang ada. Oleh sebab itu solusi yang ditawarkan adalah aplikasi yang dapat menghitung nilai tes dengan keakuratan yang stabil yaitu dengan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Multi Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA). Metode MOORA merupakan metode sistem pendukung keputusan yang memiliki keunggulan kestabilan yang baik, mudah diaplikasikan, perhitungam matematika yang sederhana dan dapat memisahkan bagian subjektif. Dengan metode ini haruslah ditentukan dahulu kriteria yang digunakan, sehingga dapat diinputkan nilai alternatif dari setiap kriteria untuk dihitung dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Hasil dari metode MOORA adalah untuk mendapatkan hasil rekrutmen calon pegawai dimana perhitungannya didapatkan dari nilai-nilai tes. Data-data berupa kriteria yang digunakan, alternatif nama calon pegawai, dan nilai-nilai tes diperoleh dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tulungagung. Dari data dan perhitungan yang didapat menghasilkan output berupa nilai yang telah dihitung dengan metode MOORA dan dirangking sesuai nilai yang terbesar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92660

Actions (login required)

View Item View Item