Magfiroh, Lailatul (2012) Pengembangan bahan ajar memahami cerpen dengan adaptasi strategi SQ3R untuk siswa kelas X SMA / Lailatul Magfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci bahan ajar memahami cerpen adaptasi strategi SQ3R. Membaca sastra merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Salah satu keterampilan membaca sastra yang harus dicapai siswa kelas X SMA adalah kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari. Kemampuan memahami unsur intrinsik menjadi kemampuan utama dalam apresiasi cerpen sehingga diperlukan bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar memahami cerpen untuk dapat membantu siswa dalam proses pembelajarannya. Secara umum penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar memahami cerpen dengan adaptasi strategi SQ3R. SQ3R adalah salah satu strategi membaca pemahaman yang terdiri dari lima langkah yakni survey question read recite dan review. Sedangkan adaptasi yang dilakukan adalah pada teks bacaan dan langkah-langkah SQ3R. Dengan menggunakan adaptasi strategi SQ3R siswa dapat memahami cerpen mengingatnya serta kemudian dapat menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari atau realitas. Langkah-langkah adaptasi strategi SQ3R adalah (1) menyurvei cerpen dan mengisi kolom-kolom survei (2) membuat dan membaca pertanyaan (3) menceritakan kembali dan menghubungkan unsur intrinsik cerpen dengan realitas dan (4) mereview atau mengulangi membaca sekali lagi. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan isi materi bahan ajar (2) menghasilkan sistematika penyajian bahan ajar (3) menghasilkan paparan bahasa bahan ajar dan (4) menghasilkan tampilan bahan ajar memahami cerpen dengan adaptasi strategi SQ3R untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang dilakukan merupakan model prosedural yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan model tersebut terdapat lima tahap prosedur penelitian yakni (1) tahap pra pengembangan (2) tahap perencanaan (3) tahap pengembangan produk (4) tahap uji coba dan (5) tahap revisi produk. Dari hasil penelitian pra pengembangan yang dilakukan diperoleh kenyataan bahwa dalam pembelajaran memahami cerpen buku teks yang digunakan masih belum banyak membantu siswa memahami cerpen. Buku teks belum memberikan penjelasan tentang hubungan cerpen dengan kehidupan sehari-hari. Pengembangan produk dilakukan dengan menyesuaikan produk bahan ajar dengan kebutuhan siswa. Selanjutnya produk diuji coba untuk mengetahui kelayakan produk pada tahap ini terdapat empat tahapan uji coba yakni (1) uji coba dengan ahli apresiasi cerpen (2) uji coba dengan ahli bahan ajar (3) uji coba dengan praktisi (guru) dan (4) uji coba dengan kelompok kecil siswa. Uji coba ini menghasilkan data data numerik berupa skor penilaian dan data verbal deskriptif. berupa komentar dan saran perbaikan dari subjek uji coba. Instrumen yang digunakan untuk menghimpun data adalah angket dan pedoman wawancara. Teknis analisis data dilakukan dengan cara analisis data kuantitatif sederhana dan kualitatif dengan (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian (2) mentranskip data verbal lisan (3) menghimpun menyeleksi dan mengklarifikasi data verbal tulis dan verbal lisan berdasarkan kelompok uji (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindakan terhadap produk yang dikembangkan apakah produk perlu direvisi atau diimplementasikan. Hasil uji coba yang dilakukan dengan ahli apresiasi cerpen menunjukkan bahan ajar tergolong layak dan dapat diimplementasikan (80 4%) dengan ahli bahan ajar menunjukkan bahan ajar layak dan dapat diimplementasikan (76%) dengan praktisi (guru) Bahasa Indonesia menunjukkan bahan ajar tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan (97%) dan dari kelompok kecil juga menunjukkan bahan ajar tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan (92%). Meskipun demikian pada aspek-aspek tertentu dalam bahan ajar yang dikembangkan direvisi sesuai dengan komentar dan saran perbaikan dari keempat subjek uji coba. Deskripsi isi bahan ajar meliputi tahap 1 dan 2. Tahap 1 merupakan contoh analisis cerpen dengan adaptasi strategi SQ3R sedangkan tahap 2 merupakan latihan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan realitas dengan adaptasi SQ3R. Setiap tahapan dibagi menjadi kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Sistematika penyajian bahan ajar yang dikembangkan terdiri atas bagian pendahuluan bagian inti dan bagian penutup. Bagian pendahuluan berisi pengantar sampai materi awal yang berkaitan dengan hubungan sastra dengan realitas bagian inti adalah tahap 1 dan tahap 2 sedangkan bagian penutup disajikan rangkuman dan daftar rujukan. Perbedaan bahan ajar yang dikembangkan dengan bahan ajar lainnya adalah penggunaan adaptasi strategi SQ3R sebagai strategi membaca. Penggunaan bahasa dalam bahan ajar ini memperhatikan keterbacaan siswa dengan menggunakan bahasa yang komunikatif. Tampilan bahan ajar memperhatikan penggunaan jenis dan ukuran huruf serta penataan halaman dan gambar ilustrasi. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar memahami cerpen yang dikembangkan dengan adaptasi strategi SQ3R menunjukkan bahwa bahan ajar layak dan dapat diimplementasikan. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan guru disarankan menggunakan bahan ajar ini dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bagi peneliti lain pengembangan ini dapat dijadikan sumber inspirasi dalam penelitian tindakan kelas atau dalam mengembangkan bahan ajar pada kompetensi lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |