Sistem pakar untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional siswa SMP/SMA sederajat berbasis web / Intan Pandini - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem pakar untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional siswa SMP/SMA sederajat berbasis web / Intan Pandini

Pandini, Intan (2019) Sistem pakar untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional siswa SMP/SMA sederajat berbasis web / Intan Pandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RANGKUMAN Pandini Intan. 2019. Sistem Pakar untuk Mengukur Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa SMP/SMA Sederajat Berbasis Web. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Mohamad Yasin S.Kom. M.Kom. Kata Kunci sistem pakar kecerdasan emosional web Pada era globalisasi ini penggunaan komputer berperan penting dalam menunjang pekerjaan manusia. Sistem pakar adalah sistem yang memiliki konsep pengetahuan pakar dapat disimpan dan diaplikasikan ke dalam komputer kemudian pihak lain dapat memanfaatkannya saat dibutuhkan. Pemanfaatan sistem pakar dapat juga diterapkan dalam psikologi. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengenali dan mengelola emosi diri memotivasi diri sendiri berempati serta kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain. Kecerdasan emosional tidaklah bersifat tetap ia dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial. Keberadaan seorang guru juga dapat memengaruhi kecerdasan emosional seseorang di lingkungan pendidikan. Sangatlah penting jika guru memerhatikan bagaimana kondisi emosional anak didik agar pelajaran di kelas berjalan dengan baik. Namun setiap siswa pasti memiliki kecerdasan emosional yang berbeda-beda sehingga cara penyampaian saran ataupun motivasi setiap siswa berbeda pula. Apabila seorang siswa salah menangkap ataupun tidak mau menerima masukan bahkan tersinggung pasti akan timbul masalah di kemudian hari. Oleh karena itu dibuatlah sistem pakar untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional para siswa. Pada proses penarikan kesimpulan digunakan metode inferensi forward chaining. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem pakar yang dibuat berjalan baik dan memberikan hasil yang sama dengan perhitungan manualnya serta mempermudah siswa untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosionalnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92659

Actions (login required)

View Item View Item