Rancang bangun sistem persamaan linear dua variabel dengan construct 2 / Yosefa Anandita Dea Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem persamaan linear dua variabel dengan construct 2 / Yosefa Anandita Dea Rahmawati

Rahmawati, Yosefa Anandita Dea (2019) Rancang bangun sistem persamaan linear dua variabel dengan construct 2 / Yosefa Anandita Dea Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmawati Yosefa Anandita Dea. 2019. Rancang Bangun Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Construct 2. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Susy Kuspambudi A M.Kom Kata Kunci Rancang bangun SPLDV Construct 2 Teknologi informasi dan komunikasi sudah berkembang pesat di dunia pendidikan. Salah satu ilmu yang sangat berperan dalam dunia pendidikan adalah matematika dan menurut guru matematika SMP Kristen Pamerdi salah satu materi matematika yang sulit untuk diajarkan adalah Pembuatan rancang bangun Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) karena adanya soal cerita membuat siswa kesulitan untuk memahami isi dari soal cerita tersebut dan menerjemahkannya dalam model matematika SPLDV. Salah satu alternatif mengatasi masalah tersebut dibutuhkan media untuk membantu guru mengajar atau media untuk siswa belajar mandiri sehingga diharapkan siswa dapat memahami materi tersebut. Rancang bangun SPLDV ini sebagai wujud nyata dari perkembangan teknologi dalam pendidikan. Rancang bangun SPLDV menggunakan aplikasi Construct 2 dimana fasilitas event dan action pada construct 2 sebagai pembangun kondisi pada suatu tombol atau fitur sehingga tidak menggunakan bahasa pemrograman yang kompleks. Dalam mengembangkan rancang bangun SPLDV menggunakan metode Waterfall Life Cycle Paradigma dengan 7 langkah utama yaitu Requirement Spesification Architecture Detail design Coding Testing and Debugging Ship. Hasil rancang bangun SPLDV diuji coba terbatas dan menggunakan metode skala likert untuk perhitungan hasil validasi. Hasil rancang bangun SPLDV mempunyai beberapa fasilitas yaitu petunjuk penggunaan peta konsep SPLDV materi pendukung Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) materi SPLDV contoh soal dan soal yang dilengkapi langkah-langkah penyelesaian yang interaktif untuk membantu siswa menyelesaikan soal tersebut serta tampilan score pengerjaan soal. Hasil validasi media menunjukan 84 70% 87% pada validasi materi dan 87 89% pada validasi pengguna atau siswa. Hal ini berarti rancang bangun SPLDV layak digunakan untuk alternatif media mengajar bagi guru dan media belajar mandiri untuk siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92655

Actions (login required)

View Item View Item