Penerapan algoritma scheduling and routing, algoritma Dijkstra dan Critical Path Method (CPM) pada permasalahan penjadwalan / Arinda Mabrina Kusumaningesti

Kusumaningesti, Arinda Mabrina (2019) Penerapan algoritma scheduling and routing, algoritma Dijkstra dan Critical Path Method (CPM) pada permasalahan penjadwalan / Arinda Mabrina Kusumaningesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Kusumaningesti, Arinda Mabrina. 2019. Penerapan Algoritma Scheduling and Routing, Algoritma Dijkstra dan Critical Path Method (CPM) pada Permasalahan Penjadwalan, Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sapti Wahyuningsih, M.Si. Kata Kunci : Transportasi, graph, Scheduling, Scheduling and Routing. Pemilihan rute dan penjadwalan merupakan salah satu aspek penting dalam transportasi. Permasalahan pemilihan rute dan penjadwalan yang dilakukan dalam teori graph dikenal dengan Scheduling. Algoritma yang akan dibahas adalah algoritma scheduling and routing yang mengambil dasar iterasi dengan menggunakan estimasi waktu kedatangan pada setiap titik yang akan dibandingkan dengan algoritma dijkstra dan Critical Path Method. Permasalahan yang diselesaikan menggunakan algoritma scheduling and routing adalah menentukan jadwal tambahan kendaraan yang tidak mengganggu jadwal tetap. Langkah yang harus dilakukan ialah inisialisasi parameter, penentuan titik awal dan titik yang akan dituju dan perhitungan estimasi waktu kedatangan. Pemilihan estimasi waktu kedatangan ini dipilih yang minimal. Selanjutnya menghitung total waktu tempuh dan melakukan pembaruan titik. Jika masih ada titik yang belum dikunjungi, maka dilakukan perulangan sampai diperoleh kondisi optimum. Kondisi optimum tercapai saat semua titik terkunjungi dan menghasilkan solusi-solusi yang konvergen ke suatu nilai yang minimum. Algoritma scheduling and routing menghasilkan solusi yang lebih baik dengan total waktu tempuh yang lebih pendek dibandingkan dengan menggunakan algoritma dijkstra kemudian penjadwalan dan Critical Path Method. Implementasi dari CPM untuk scheduling dapat menggunakan bahasa pemrograman POM. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan menggunakan 9 titik diperoleh hasil bahwa algoritma scheduling and routing menghasilkan rute dan jadwal yang lebih optimum dibandingkan algoritma dijkstra untuk penjadwalan dan CPM. Hal ini dikarenakan algoritma scheduling and routing tidak mempertimbangkan waktu mengambang dan waktu bebas untuk setiap perjalanan sehingga tidak ada toleransi keterlambatan pada lokasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92648

Actions (login required)

View Item View Item