Model meta-analisis dan meta-regresi pada beberapa hasil penelitian sejenis terhadap resiko penyakit DM tipe II untuk faktor pola makan / Indri Dwi Lestari

Lestari, Indri Dwi (2019) Model meta-analisis dan meta-regresi pada beberapa hasil penelitian sejenis terhadap resiko penyakit DM tipe II untuk faktor pola makan / Indri Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Lestari, Indri Dwi. 2019. Model Meta-Analisis dan Meta-Regresi padaBeberapaHasil Penelitian Sejenis TerhadapResikoPenyakit DM Tipe II untuk Faktor Pola Makan. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nur Atikah, S.Si, M.Si. Kata Kunci: Meta-Analisis, Meta-Regresi, Weighted Least Square, DerSimonian-Laird, DM Tipe II, PolaMakan Diabetes Melitus DM merupakan salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian terbanyak di dunia yang menempati peringkat enam di dunia dan tiga di Indonesia. Angka resiko penyakit DM Tipe II dapat diturunkan dengan memperkecil faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit DM Tipe II. Salah satu faktor yang dapat dimodifikasi adalah faktor pola makan. Beberapa penelitian mengenai penyakit Diabetes Melitus dengan faktor pola makan melaporkan hasil yang berbeda-beda, sebagian peneliti menyebutkan bahwa faktor pola makan mempengaruhi penyakit diabetes melitus, tetapi hal berbeda juga didapatkan dari peneliti lain yang menyebutkan pola makan tidak berpengaruhterhadap resiko penyakit DM Tipe II. Perbedaan hasil penelitian mengenai faktor resiko penyakit DM Tipe II pada pola makan ini menjadi alasan peneliti mengkaji ulang penelitian–penelitian tersebut. Perbedaan tersebut dimungkinkan terjadi karena perbedaan lokasi unit penelitian yang memungkinkan terjadinya perbedaan metodologi penelitian yang digunakan. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode meta-analisis dan meta-regresi dengan menggunakan estimator Weighted Least Square dan Dersimonia-Laird yang melibatkan model fixed effect meta-analisis dan model random effect meta-analisis serta model fixed effect meta-regresi dan model random effect meta-regresi. Meta-analisis digunakan untuk memberikan perbedaan hasil antar variabel (effect size) dan memberikan estimasi efek gabungan serta variansi atau heterogenitas dari seluruh penelitian. Sedangkan meta-regresi digunakan untuk mencoba menjelaskan dari heterogenitas yang terjadi dengan melibatkan kovariat. Dalam hal ini kovariat yang digunakan adalah latitude Hasil analisis yang didapatkan terjadi heterogenitas sehingga model yang tepat digunakan adalah model random effect meta-analisis dengan persamaan yang diperoleh adalah kemudian untuk menjelaskan penyebab heterogenitas yang terjadi digunakan meta-regresi dengan melibatkan kovarian lattitude, diperoleh model yang sesuai adalah model random effect meta-regresi yaitu ( ) dengan koefisien determinasi sebesar 81%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92647

Actions (login required)

View Item View Item