Regresi Jackknife Ridge-Robust menggunakan MM-estimator dengan pembobot Welsch untuk mengatasi multikolinieritas dan pencilan pada data garis kemiskinan di Jawa Timur tahun 2018 / Nadia Kholifia

Kholifia, Nadia (2019) Regresi Jackknife Ridge-Robust menggunakan MM-estimator dengan pembobot Welsch untuk mengatasi multikolinieritas dan pencilan pada data garis kemiskinan di Jawa Timur tahun 2018 / Nadia Kholifia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Kholifia, Nadia. 2019. Regresi Jackknife Ridge-Robust Menggunakan MM-Estimator dengan Pembobot Welsch untuk Mengatasi Multikolinieritas dan Pencilan pada Data Garis Kemiskinan di Jawa Timur Tahun 2018. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nur Atikah, S.Si, M.Si. Kata Kunci: Jackknife Ridge, Robust, MM-estimator, Pembobot Welsch Analisis regresi adalah teknik pemodelan yang digunakan untuk menyelidiki hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebas dan mengestimasi koefisien regresi pada suatu model. Uji asumsi klasik yang harus dipenuhi, antara lain uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, dan pencilan. Pada data yang mengandung multikolinieritas dan pencilan diatasi menggunakan regresi ridge dan regresi robust. Multikolinieritas terjadi apabila terdapat dua atau lebih variabel bebas yang memiliki korelasi tinggi. Salah satu modifikasi dari regresi ridge adalah jackknife ridge. Sedangkan estimator robust yang dapat digunakan adalah MM-estimator. MM-estimator menghasilkan nilai breakdown tinggi dan efisiensi tinggi. Sehingga penelitian ini menggunakan analisis regresi Jackknife Ridge-Robust MM-estimator dengan pembobot Welsch. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengestimasi parameter regresi Jackknife Ridge-Robust MM-estimator dengan pembobot Welsch. Selain itu, bertujuan untuk menerapkan Jackknife Ridge-Robust MM-estimator dengan pembobot Welsch pada suatu data yang mengandung multikolinieritas dan pencilan. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data garis kemiskinan di Jawa Timur tahun 2018 dan faktor yang mempengaruhinya, antara lain rata-rata lama sekolah, pengeluaran perkapita, indeks pembangunan manusia, dan harapan lama sekolah. ii Hasil estimasi parameter yang diperoleh dari metode Jackknife Ridge-Robust MM-estimator menghasilkan koefisien regresi 𝜷̂ 𝑱𝑹𝑹=(𝑰−𝒌𝟐𝑩−𝟐)𝜷̂ 𝑹, dengan 𝜷̂ 𝑹=(𝑿′𝑾𝑿)−𝟏𝑿′𝑾𝒚. Sedangkan, untuk hasil analisis data garis kemiskinan di Jawa Timur tahun 2018 menggunakan metode Jackknife Ridge-Robust MM-estimator dengan pembobot Welsch diperoleh persamaan 𝑌∗̂=618109,9608−18678,035𝑋1∗+32037,7914𝑋2∗+36,9093𝑋3∗+31367,8136𝑋4∗ dengan 𝑅2 sebesar 96,208%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92646

Actions (login required)

View Item View Item