Estimasi parameter regresi Poisson Inverse Gaussian (PIG) menggunakan metode MLE dan penerapannya pada data angka kematian ibu di Jawa Timur tahun 2017 / Khilwatul Fuadiyah

Fuadiyah, Khilwatul (2019) Estimasi parameter regresi Poisson Inverse Gaussian (PIG) menggunakan metode MLE dan penerapannya pada data angka kematian ibu di Jawa Timur tahun 2017 / Khilwatul Fuadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khilwatul, Fuadiyah. 2019. Estimasi Parameter Regresi Poisson Inverse Gaussian (PIG) Menggunakan Metode MLE dan Penerapannya pada Data Angka Kematian Ibu di Jawa Timur Tahun 2017). Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Traningsih Eni Lestari, S.Si, M.Si Kata Kunci: Overdispersi, Poisson Inverse Gaussian, MLE. Regresi Poisson merupakan salah satu metode analisis regresi dengan asumsi bahwa nilai varian dan rataan dari variabel respon harus sama. Namun, pada kenyataannya seringkali nilai variansi dari variabel respon lebih besar dibandingkan nilai rata – ratanya atau disebut overdispersi. Maka dari itu, regresi Poisson tidak sesuai jika diterapkan pada data overdispersi. Metode yang dapat digunakan untuk data yang mengalami kasus overdispersi adalah regresi Poisson Inverse Gaussian (PIG). Regresi Poisson Inverse Gaussian (PIG) merupakan salah satu analisis regresi mixed Poisson yang terdiri dari dua parameter dan dirancang untuk data yang mengalami kasus overdispersi. Estimasi parameter pada regresi PIG menggunakan metode Maximum Likelihood Estimation (MLE). Salah satu contoh data yang mengalami kasus overdispersi adalah data Angka Kematian Ibu (AKI). Oleh karena itu untuk memodelkan AKI yang terjadi di Jawa Timur tahun 2017 digunakan regresi PIG. Pemodelan AKI menggunakan regresi PIG bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang berpengaruh signifikan terhadap AKI. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan variabel prediktor yang berpengaruh signifikan terhadap Angka Kematian Ibu (AKI) di Jawa Timur tahun 2017 adalah persentase ibu hamil mendapatkan vitamin A (X1) dan persentase ibu mendapatkan pelayanan kesehatan nifas (X4) .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92642

Actions (login required)

View Item View Item