Proses berpikir kreatif siswa SMP dalam pengajuan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa / Sinta Hardianti

Hardianti, Sinta (2019) Proses berpikir kreatif siswa SMP dalam pengajuan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa / Sinta Hardianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii RINGKASAN Hardianti, Sinta. 2019. Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pengajuan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Erry Hidayanto, M.Si. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Pengajuan Masalah Matematika, Gaya Kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa SMP dalam pengajuan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari tes tulis dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini antara lain tes tipe gaya kognitif GEFT, tes TPMM dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: proses bepikir kreatif siswa SMP bergaya kognitif FI dalam pengajuan masalah matematika pada tahap (a) preparation, subjek memikirkan maksud dari tugas yang diberikan, dan mengetahui bahwa subjek diminta mengajukan sekaligus menjawab soal matematika lebih dari satu soal dengan sekali baca, subjek memikirkan informasi yang di dapat pada gambar yang diberikan, memikirkan mampu membuat minimal 3 soal dari situasi yang diberikan, memikirkan bilangan-bilangan yang akan digunakan dalam membuat soal dengan kurang variatif.; (b) incubation, siswa FI tidak mengalami tahap inkubasi; (c) illumination, subjek memikirkan kalimat yang akan digunakan dalam membuat soal dengan mengingat soal yang pernah dikerjakan, subjek memikirkan memperbaiki masalah jika terjadi kesalahan pada masalah matematika yang diajukan; (d) verification, subjek memikirkan mengoreksi masalah matematika yang telah diajukan dengan menyelesaikan masalah matematika yang telah diajukan dan mengoreksi kembali masalah dan penyelesaian yang telah diajukan. ix Proses bepikir kreatif siswa SMP bergaya kognitif FD dalam pengajuan masalah matematika pada tahap (a) preparation, subjek memikirkan maksud dari tugas yang diberikan, dan mengetahui bahwa subjek diminta mengajukan sekaligus menjawab soal matematika lebih dari satu soal dengan beberapa kali membaca TPMM, subjek memikirkan informasi yang di dapat pada gambar yang diberikan, memikirkan mampu membuat 2 soal dari situasi yang diberikan; (b) incubation, siswa cenderung diam sejenak, hal ini sebagai langkah mencari dan menyusun strategi penyelesaian untuk menjawab hal-hal yang ditanyakan dalam TPMM, dan ketika menyusun strategi penyelesaian, siswa terlihat kurang tenang dan gelisah sambil memainkan kedua tangan atau benda lain yang disekitarnya; (c) illumination, subjek memikirkan kalimat yang akan digunakan dalam membuat soal dengan mengingat soal sulit yang pernah dikerjakan, Subjek memikirkan mengganti masalah dengan masalah yang baru jika terjadi kesalahan pada masalah matematika yang diajukan; (d) verification, subjek memikirkan mengoreksi masalah matematika yang telah diajukan dengan menyelesaikan masalah matematika yang telah diajukan dan mengoreksi kembali masalah dan penyelesaian yang telah diajukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92640

Actions (login required)

View Item View Item