Wardani, Eka Diah Kusuma (2012) Wacana eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi tahun ajaran 2011/2012 / Eka Diah Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci wacana eksposisi karakteristik acana eksposisi teknik penulisan wacana eksposisi Wacana eksposisi adalah wacana yang bertujuan memberitahu menguraikan mengupas dan menerangkan satu pokok pikiran yang dapat memperluas pengetahuan pembaca. Ada beberapa metode atau teknik yang bisa digunakan untuk menjelaskan informasi dalam wacana eksposisi yakni narasi deskripsi contoh analogi perbandingan dan pertentangan definisi analisis proses sebab akibat atau kombinasi dari beberapa teknik. Penggunaan teknik ini tergantung dari tujuan yang disampaikan penulis wacana eksposisi kepada pembaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian ini dalah teknik-teknik penulisan dalam wacana eksposisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi yang berjumlah 13 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes. Pemberian tes yang dilakukan berdasarkan instrumen yang telah dibuat yakni berupa lembar tugas menulis wacana eksposisi. Analisis data dalam penelitian ini dimulai dari identifikasi data penentuan indikator dari setiap aspek masalah yang diteliti pengklasifikasian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima teknik penulisan yang digunakan oleh siswa yakni analisis sebab akibat proses perbandingan dan pertentangan serta kombinasi dari beberapa teknik. Dari 13 siswa 6 (46%) siswa menggunakan teknik sebab akibat 4 (30%) siswa menggunakan teknik proses 1 (8%) menggunakan teknik analisis 1 (8%) siswa menggunakan teknik perbandingan dan pertentangan dan 1 (8%) siswa menggunakan kombinasi dari beberapa teknik. Hasil penelitian juga menunjukkan ketepatan teknik sebab akibat teknik analisis serta teknik perbandingan dan pertentangan dalam wacana eksposisi yang ditulis siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi masih kurang karena siswa belum bisa menyampaikan tujuan penulisannya secara jelas dan rinci sedangkan ketepatan teknik proses dan kombinasi dari beberapa teknik penulisan sudah baik karena penulis bisa mengungkapkan tujuan yang ingin disampaikan dengan jelas dan detail melalui teknik tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan saran kepada guru pengajar bahasa Indonesia khususnya di SMA Negeri 1 Gondanglegi adalah agar mengajarkan teknik-teknik penulisan wacana eksposisi dari yang mudah/sudah dikuasai oleh siswa misalnya teknik sebab akibat dan proses ke teknik yang lebih sulit atau belum dikuasai siswa misalnya teknik analogi perbandingan dan pertentangan atau kombinasi dari beberapa teknik. Saran kepada para peneliti bahasa khususnya bahasa Indonesia yang melakukan penelitian sejenis disarankan untuk dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai acuan melaksanakana penelitian terhadap penulisan wacana eksposisi di jenjang yang sama tapi pada situasi atau kondisi lingkungan sekolah yang berbeda misalnya penelitian dilaksanakan di SMA ternama di kota Malang. Hasil yang diperoleh mungkin akan berbeda dengan hasil yang diperoleh pada penelitian ini. Kepada pembelajar bahasa Indonesia disarankan untuk meningkatkan teknik-teknik penulisan dalam wacana eksposisi yang telah dikuasai dan lebih mendalami dan mempelajari teknik-teknik yang sulit/belum dikuasai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9264 |
Actions (login required)
View Item |