Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing dan open-ended pada materi bangun datar untuk siswa SMP kelas VII / Ardhika Putri Lasmarani

Lasmarani, Ardhika Putri (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing dan open-ended pada materi bangun datar untuk siswa SMP kelas VII / Ardhika Putri Lasmarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lasmarani, A.P. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing dan Open-Ended pada Materi Bangun Datar untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, open-ended, bangun datar. Berdasarkan dialog dengan salah satu guru di SMP Negeri di Singosari, RPP yang digunakan kurang sesuai dengan kurikulum 2013 sehingga proses pembelajaran matematika lebih banyak menggunakan pembelajaran langsung. Selain itu, proses pembelajaran hanya memanfaatkan buku siswa dan LKS dari penerbit. LKS yang digunakan saat ini masih bersifat instan dan tidak menekankan pada proses, rumus langsung diberikan pada siswa tanpa melakukan aktivitas tertentu yang mengarahkan mereka untuk mengkonstruk atau menemukan rumus sendiri. Pengemasan materi yang demikian menyebabkan siswa biasanya hanya melihat rumus atau materi tanpa memahami konsep yang ada karena pembelajaran bersifat kurang bermakna bagi siswa. LKS yang digunakan juga memuat soal latihan yang bersifat tertutup, sehingga siswa kurang bisa mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Hal ini kurang sesuai dengan tujuan pengembangan kurikulum 2013. Berdasarkan Permendikbud No. 69 Tahun 2013, tujuan pengembangan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif. Oleh sebab itu, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing dan open-ended pada pembelajaran matematika merupakan hal yang perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kegiatan siswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu: (1) fase penelitian awal (preliminary research), (2) fase prototype (prototyping phase), dan (3) fase penilaian (assessment phase). Produk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92632

Actions (login required)

View Item View Item