Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu drama kelas VIII.3 di SMP Negeri 21 Malang tahun ajaran 2011-2012 / Ayu Suci Iryantati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu drama kelas VIII.3 di SMP Negeri 21 Malang tahun ajaran 2011-2012 / Ayu Suci Iryantati

Iryantati, Ayu Suci (2012) Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu drama kelas VIII.3 di SMP Negeri 21 Malang tahun ajaran 2011-2012 / Ayu Suci Iryantati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penulisan naskah drama media kartu drama Menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa perlu mendapat perhatian yang serius dalam pembelajaran di sekolah. Pembelajaran menulis tidak lepas dari keterampilan menyimak dan membaca namun dalam hal ini penulis lebih menekankan pada pembelajaran menulis naskah drama. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal yang mencakup penulisan naskah drama yaitu a) bagaimana cara meningkatkan kemampuan menggambarkan tema yang relevan b) bagaimana meningkatkan kemampuan menggambarkan tokoh dan perwatakan tokoh yang jelas c) bagaimana meningkatkan kemampuan menggambarkan alur yang jelas dan tajam d) bagaimana meningkatkan menggambarkan setting atau latar yang jelas singkat dan sangat hidup dan e) bagaimana meningkatan kemampuan mengembangkan peristiwa menjadi prolog epilog dialog dan ekspresi yang sesuai. Sehubungan dengan hal tersebut peneliti menyiapkan pembelajaran menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media kartu drama. Kartu drama berisi a) tema b) tokoh dan penokohan c) peristiwa dan d) setting tempat waktu dan suasana. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes menulis naskah drama observasi wawancara dan dokumentasi foto. Instrumen yang dilakukan untuk mengumpulkan data adalah instrumen penelitian yang berupa tes digunakan untuk mengungkapkan data tentang kemampuan menulis teks drama pedoman observasi pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi foto. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan pengkodean penilaian dan penafsiran hasil penilaian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh lima simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama siswa dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan tema yang relevan pada pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu drama. Tema yang telah dikembangkan pada siklus I dan 2 yaitu Persahabatan dapat Terpecah Belah karena Keegoisan. Kedua siswa dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan tokoh dan perwatakan tokoh yang jelas pada pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu drama. Tokoh-tokoh yang telah dikembangkan pada siklus I yaitu Olive (protagonis) Meta (tritagonis yang mendukung Protagonis) Bondan (tritagonis yang mendukung Protagonis) Satrya (tritagonis yang mendukung Protagonis) Luna (tritagonis yang mendukung Protagonis) Lexa (Antagonis) dan Tita (tritagonis yang mendukung Antagonis). Sedangkan Tokoh-tokoh yang telah digambarkan pada siklus II yang dikembangkan yaitu Doko (Protagonis) Paijo (Antagonis) Joko (tritagonis yang mendukung Antagonis) Suminem (tritagonis yang mendukung Protagonis) Bu Aminah (tritagonis sebagai penengah). Ketiga siswa dapat meningkatkan mengembangkankan setting atau latar yang jelas singkat dan sangat hidup pada pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan dengan menggunakan media kartu drama. Kartu setting tempat yang telah dikembangkan pada siklus I yaitu ruang kelas kamar rumah sakit rumah sakit dan halaman sekolah. kartu setting waktu yang telah dikembangkan pada siklus I yaitu siang hari (sepulang sekolah) dan keesokan harinya. kartu latar suasana yang telah dikembangrkan pada siklus I yaitu kaget tegang panik sedih bahagia dan takut. Kartu Setting Tempat yang telah dikembangkan pada siklus II yaitu Diruang Kelas. Kartu Setting Waktu yang telah dikembangkan pada siklus II yaitu Waktu Istirahat Sekolah. Kartu Latar Suasana yang telah dikembangkan pada siklus II yaitu Bahagia dan Tegang. Keempat siswa dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan peristiwa sesuai tahapan alur dengan menggunakan kartu peristiwa pada pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu drama. Tahapan alur yang telah dikembangkan pada siklus I dan II yaitu eksposisi atau pelukisan awal cerita komplikasi atau pertikaian awal klimaks atau titik puncak penurunan konflik dan resolusi atau penyelesaian atau falling action. Kelima siswa dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan peristiwa ke dalam dialog-dialog menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sesuai dengan ciri-ciri dialog pada pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu drama. ciri-ciri dialog yang telah dikembangkan pada disiklus I dan II yaitu dialog yang mengembangkan tema dialog harus mengembangkan tokoh dan karakter tokoh dialog terkadang mengembangkan setting tempat waktu dan suasana dan dialog harus mengembangkan peristiwa dan konflik yang ada. Keenam siswa dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan peristiwa ke dalam prolog epilog dan ekspresi pada pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu drama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item