Zakiyah, Millatuz (2012) Pengembangan bahan ajar berpikir kritis melalui pembelajaran menulis karya ilmiah di SMA/MA kelas XI / Millatuz Zakiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan bahan ajar pendidikan berpikir kritis dan kreatif menulis karya ilmiah Penelitian pengembangan ini didasari oleh belum tersedianya bahan ajar yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa melaluipembelajaran menulis karya ilmiah di SMA/MA. Kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk dikembangkan karena akan selalu berguna dalam perkembangan kehidupannya selepas dari bangku sekolah. Namun pada kenyataanya kemampuan berpikir siswa SMA/MA masih rendah. Bahan ajar pendidikan berpikir kritis melalui pembelajaran bahasa Indonesia belum dikembangkan sebelumnya. Menulis karya ilmiah merupakan salah satu kompetensi yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Bahan ajar untuk menulis karya ilmiah pun belum dikembangkan secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar pendidikan berpikir kritis melalui pembelajaran menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI dilihat dari aspek isi dan bahasa yang digunakan 2) mendeskripsikan kemenarikan bahan ajar pendidikan berpikir melalui pembelajaran menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI (menurut siswa guru dan ahli) dan 3) mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar pendidikan berpikir kritis melalui pembelajaran menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Pannen dan Purwanto tahun 2001. Langkah-langkah penelitian ini adalah analisis pendahuluan analisis kurikulum analisis karakteristik siswa penulisan dan penyusunan bahan ajar uji produk revisi produk akhir. Data dalam penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal. Data verbal dianalisi dengan analisis kualitatif dan data nonverbal dianalisis dengan analisis kuantitatif. Subjek coba penelitian ini adalah ahli penulisan bahan ajar ahli pembelajaran menulis karya ilmiah guru dan siswa. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar (buku ajar) pendidikan berpikir kritis melalui pembelajaran menulis karya ilmiah. Komponen berpikir kritis meliputi aplikasi analisis inferensi evaluasi dan sintesis. Kompetensi dasar yang dikembangkan oleh peneliti dalam bahan ajar ini adalah (1) menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian (2) melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki (3) mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar dan (4) mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi tiga jenis yaitu (1) penyajian analisis data penyempurnaan produk (2) penyajian dan analisis data kemenarikan produk dan (3) penyajian dan analisis data efektivitas produk. Pada penyempurnaan produk diperoleh data bahwa bahan ajar ini termasuk kategori sanagat valid. Pada kemenarikan bahan jar diperoleh data bahwa bahan ajar ini cukup menarik. Pada efektivitas produk diperoleh data bahwa bahan ajar ini efektif digunakan.Berdasarkan hasil uji coba dilakukan revisi terhadap isi penyajian bahasa dan kegrafikaan bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9258 |
Actions (login required)
View Item |