Analisis makna pada kostum tokoh superhero Black Panther (analisis semiotika Charles Sanders Pierce) / Erfin Yuga Rendra Nata

Nata, Erfin Yuga Rendra (2019) Analisis makna pada kostum tokoh superhero Black Panther (analisis semiotika Charles Sanders Pierce) / Erfin Yuga Rendra Nata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nata, Erfin Yuga Rendra. 2019. Analisis Makna pada Kostum Superhero Black Panther (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce).Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn., (II) Dhara Alim Cendekia, S.Sn, M.Ds. Kata Kunci : Kostum, Black Panther, Semiotika, Afrofuturisme Black Panther merupakan film yang sukses dengan berbagai penghargaan serta penghasilan yang besar.Salah satu faktor yang mendapat perhatian dari masyarakat global adalah pesan tersembunyi yang terkandung pada film.Kostum Black Panther merupakan salah satu media penyampai pesan terpenting, karena memiliki kaitan yang erat dengan tokoh utama.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai makna yang terdapat pada kostum tersebut menggunakan teori semiotika. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika Charles Sanders Pierce, yang menghubungkan representament, object dan interpretant. Teori semiotika Pierce tergolong sebagai teori semiotika komunikasi, yang mengkomunikasikan suatu pikiran dengan pikiran baru.Semiosis dalam semiotika komunikasi terjadi secara terus menerus atau bergulir. Semiosis akan dihentikan apabila peneliti telah menemukan makna. Semiotika komunikasi dinilai relevan dengan penelitian ini, karena kostum Black Panther dapat dianalisis dari berbagai aspek, sehingga makna yang ditemukan akan variatif, tidak terbatas dan mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tahapan menentukan masalah, menentukan jenis data, menentukan metode pengambilan data, menentukan teknik analisis, dan membuat kesimpulan.Hasil observasi data yang telah didapatkan, dianalisa menggunakan tabel trikotomi semiotika Pierce.Analisis data juga diperkuat dengan daftar pustaka relevan, sehingga ditemukan makna yang sesuai konteks. Hasil semiosis dalam penelitian ini menunjukan bahwa kostum Black Phanter merepresentasikan eksistensi ras kulit hitam melalui bentuk fisik, warna dan simbol-simbol yang terkandung.Kostum tersebut merupakan produk gerakan afrofuturisme, yakni suatu gerakan yang bertujuan untuk mengampanyekan kebudayaan Afrika.Kostum Black Panther merepresentasikan bahwa Afrika memiliki kebudayaan yang kaya dan berdaya saing.Melalui tokoh Black Panther, orang-orang kulit hitam dicitrakan sebagai bangsa yang berbudi luhur, berperadaban, maju, intelektual, artistik dan berjiwa ksatria.Pencitraan tersebut merupakan sebuah upaya untuk menyadarkan masyarakat mengenai kesetaraan HAM dan toleransi antar golongan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92286

Actions (login required)

View Item View Item