Perancangan visual branding "Kue Karawo" sebagai salah satu optimalisasi identitas industri kreatif sub-sektor kuliner Kota Gorontalo / Arham Fitriansyah Hasanuddin

Hasanuddin, Arham Fitriansyah (2019) Perancangan visual branding "Kue Karawo" sebagai salah satu optimalisasi identitas industri kreatif sub-sektor kuliner Kota Gorontalo / Arham Fitriansyah Hasanuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hasanuddin Arham, Fitriansyah. 2019. Perancangan visual branding kue karawo sebagai salah satu optimalisasi identitas industri kreatif sub sektor kuliner di Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Moch. Abdul Rohman, S.Sn., M.Sn. (2) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn. Kata Kunci: Visual Branding, Kue Karawo, Kota Gorontalo. Pada tanggal 10 November 2018, Kota Gorontalo telah ditetapkan sebagai salah satu kota kreatif dalam subsektor kuliner oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dengan tujuan untuk memperkenalkan kuliner khas Kota Gorontalo di seluruh Indonesia. Salah satunya merupakan kue tradisional yang berada di Kota Gorontalo yaitu kue karawo. Kue karawo sendiri merupakan olahan kue kering tradisional sejak tahun 1970 dan memiliki ciri khas yaitu lukisan corak atau ornamen floral di atas kuenya dengan proses pembuatan masih mengandalkan tangan (handmade masterpiece). Akan tetapi, hingga saat ini masih ada kendala berupa belum adanya identitas dan pemasaran dari kue karawo di Kota Gorontalo. Dalam memasarkan kue karawo ini masih belum memperluas segmentasi pasarnya dikarenakan kurang sadarnya terhadap media pemasaran. Selain itu, masih belum adanya perancangan identitas sehingga tidak dapat membangun citra di benak konsumen. Perancangan ini menerapkan prosedur sistematika perancangan yang dipaparkan oleh Sadjiman Ebdi Sanyoto dalam bukunya yaitu Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Adapun ringkasan sistematika perancangan oleh Sadjiman ini yaitu, latar belakang masalah perancangan, identifikasi data, analisis, sintesis, konsep perancangan, konsep tata desain, dan desain final. Perancangan ini menghasilkan sebuah visual branding untuk tahap ini berupa identitas yang dapat merepresentasikan nilai kultur dan kerajinan yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumen selama di Kota Gorontalo. Proses perancangan visual branding ini menerapkan proses idea design, rough design, comprehensive design, dan final design. Dalam proses perancangan menggunakan tehnik manual drawing di kertas dan digital tracing dengan menggunakan beberapa software seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Perancangan visual branding kue karawo ini menghasilkan beberapa media yaitu, buku pedoman penerapan (guideline book), stationary set, promotion, dan merchandise.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92256

Actions (login required)

View Item View Item