Perancangan maskot destinasi Keramik Dinoyo sebagai pendukung brand identity / Rahmi Rabbani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan maskot destinasi Keramik Dinoyo sebagai pendukung brand identity / Rahmi Rabbani

Rabbani, Rahmi (2019) Perancangan maskot destinasi Keramik Dinoyo sebagai pendukung brand identity / Rahmi Rabbani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rabbani Rahmi. 2019. Perancangan Maskot Destinasi Keramik Dinoyo sebagai Pendukung Brand Identity. Skripsi Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pujiyanto M.Sn (II) Yon Ade Lose Hermanto M.Sn. Kata Kunci Maskot Keramik Dinoyo Brand Identity. Perancangan Maskot Kampung Keramik Dinoyo ini dilakukan dengan latar belakang kebutuhan media pendukung sebagai komunikator produk keramik. Keramik Dinoyo yang merupakan salah satu potensi industri kreatif Kota Malang menjadi aktifitas perajin sebagai penghasilan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu kegiatan keramik mengalami stagnasi dan akhirnya pabrik ditutup. Penutupan pabrik berdampak pada hilangnya mata pencaharian masyarakat Kampung Keramik Dinoyo. Sehingga diperlukan adanya aktifasi kembali melalui strategi branding sebagai upaya meningkatkan produktifitas dan promosi keramik Dinoyo. Strategi yang dibutukan berupa perancangan maskot sebagai komunikator dan media iklan yang bergerak cepat dalam promosi. Metode perancangan mengacu pada model perancangan Designing Brand Identity oleh Alina Wheeler dengan menetapkan langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa rancangan media diawali dengan melakukan penelitian dengan memaparkan visi strategi target dan nilai dalam Kampung Keramik Dinoyo sebagai destinasi wisata industri keramik di Kota Malang. Tahap kedua yaitu menjelaskan strategi. Strategi disusun dengan menyatukan beberapa literatur yang sesuai dengan kebutuhan brand identity Kampung Keramik Dinoyo. Tahap ketiga yaitumendesain identitas. Dimulai dari visualisasi sebuah visi yang akan dicapai kedepannya yaitu aktivasi kembali Kampung Keramik Dinoyo sebagai destinasi wisata industri keramik di Kota Malang.Tahap keempat yaitumenentukan suatu fokus. Menentukan sebuah fokus pada desain brand identity dilakukan dengan finalisasi perancangan desain identitas. Tahap kelima yaitumengatur aset. Membangun strategi dan waktu peluncuran maskot dimulai dari sosialisasi kepada pihak internal Kampung Keramik Dinoyo dilanjutkan dengan pameran maskot dengan tujuan pengenalan kepada masyarakat luas. Perancangan ini menghasilkan beberapa media komunikasi visual yaitu Maskot Kampung Keramik Dinoyo bernama Oyon dan Onid Media iklan berupa sosial media instagram Merchandise dan Media periklanan yang mendukung produk keramik Dinoyo. Perancangan maskot Kampung Keramik Dinoyo ini diharapkan menjadi sebuah solusi pendukung identitas brand sebagai alat komunikasi yang diandalkan dalam kegiatan promosi Kampung Keramik Dinoyo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92252

Actions (login required)

View Item View Item