Perancangan merchandise khas Kabupaten Tulungagung untuk mendukung unsur sapta pesona / Dwi Prastyo Nogroho

Nogroho, Dwi Prastyo (2020) Perancangan merchandise khas Kabupaten Tulungagung untuk mendukung unsur sapta pesona / Dwi Prastyo Nogroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PERANCANGAN MERCHANDISE KIT KHAS KABUPATEN TULUNGAGUNG UNTUK MENDUKUNG SALAH SATU UNSUR 7 SAPTA PESONA Dwi Prastyo Nogroho ABSTRAK Kata Kunci : Pariwisata, Merchandise, Perancangan Merchandise Kit, 7 Sapta Pesona Pariwisata merupakan salah satu sektor yang cukup memiliki kontribusi terhadap pembangunan dan pengembangan suatu daerah. Maka, tak heran jika industri pada sektor pariwisata disuatu daerah memegang peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah, industri pada sektor pariwisata daerah pun dewasa ini makin kompetitif sehingga, diperlukan strategi dan formulasi yang efektif dalam rangka meningkatkan kualitas industri sektor pariwisata daerah. Untuk merespon hal tersebut, pemerintah pun melalui Kementerian Pariwisata menggalakkan 7 Sapta Pesona sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pada sektor pariwisata dengan kondisi yang harus terwujudkan dalam rangka menarik wisatawan berkunjung dan berwisata didaerah. Adapun, 7 Sapta Pesona terdiri dari tujuh unsur antara lain; Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah dan Kenangan. Perancangan merchandise kit merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka mendukung dan mengimplementasikan salah satu unsur 7 Sapta Pesona, selain itu perancangan merchandise kit juga sebagai upaya promosi dan edukasi pariwisata khas daerah, dalam hal ini Kabupaten Tulungagung yang juga bertujuan untuk memperkenalkan wisata Kabupaten Tulungagung dan merepresentasi keindahan wisata dan kebudayaan di Kabupaten Tulungagung serta diharapkan mampu memberikan kenangan yang memorable kepada pengunjung dalam rangka mewujudkan salah satu unsur dari 7 Sapta Pesona. Dalam proses perancangan ini dilakukan sesuai langkah-langkah kajian dan akademis meliputi perumusan latar belakang, penyusunan rumusan masalah hingga menghimpun data-data sekunder dan melakukan identifikasi data dengan metode analisis dan deskripsi data sehingga dihasilkan sebuah sinstesis yang kemudian menjadi konsep perancangan yang hendak dibuat. Mekanisme perancangan secara teknis meliputi perencanaan media serta perencanaan kreatif yang kemudian dapat dihasilkan konsep tata desain sehingga dapat menghasilkan desain final berupa merchandise kit khas Kabupaten Tulungagung. Adapun produk yang dihasilkan dari proses perancangan setelah melalui model procedural sebagai model perancngan adalah merchandise khas Kabupaten Tulungagung yang terdiri dari hasil perancangan Kaos, Boneka, Gantungan Kunci, Tote Bag dan Topi DESIGN OF TULUNGAGUNG SPECIAL MERCHANDISE TO SUPPORT ONE OF ELEMENTS 7 SAPTA PESONA Dwi Prastyo Nogroho ABSTRACT Keywords: Tourism, Merchandise, Design Merchandise Kit, 7 Sapta Pesona Tourism is one sector that has sufficient contribution to the development of a region. So, it is not surprising if the industry in the tourism sector in the region has an effect on economic growth and local revenue. Today's industry in the regional tourism sector is increasingly competitive so that an effective strategy is needed in order to improve the quality of the regional tourism industry. To respond, the government through the Ministry of Tourism promoted 7 Sapta Pesona as a guideline for organizing activities in the tourism sector with conditions that must be realized in order to attract tourists to visit and travel in the area. Meanwhile, 7 Sapta Pesona consists of seven elements, namely; Safe, Orderly, Clean, Cool, Beautiful, Friendly, Friendly and Memorable. The design of merchandise is one of the efforts made in order to support and implement one of the 7 elements of Sapta Pesona, besides designing merchandise kits as an effort to promote and educate regional tourism, in this case Tulungagung which also aims to introduce Tulungagung tourism and represent the beauty of tourism and culture in Tulungagung and is expected to be able to provide memorable memories to visitors in order to realize one of the elements of the 7 Sapta Pesona. In this design process carried out according to academic steps including the formulation of background, formulation of the problem formulation to collect secondary data and identification of data with methods of analysis and description of data so that synthesis is produced which then becomes the design concept that will be created. The technical design mechanism includes media planning as well and creative planning which can then be produced by the design concept so that it can produce the final design, namely the Tulungagung special merchandise. Products that are produced from the design process after going through procedural models as the model of the shop are Tulungagung Special Merchandise which consists of the results of designing T-shirts, Dolls, Keychains, Tote Bag, and Hats

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92251

Actions (login required)

View Item View Item