Perancangan buku cerita bergambar "Nephy" sebagai upaya mengenalkan tumbuhan kantong semar untuk anak-anak usia 7-12 tahun / Ragil Prihantoro

Prihantoro, Ragil (2020) Perancangan buku cerita bergambar "Nephy" sebagai upaya mengenalkan tumbuhan kantong semar untuk anak-anak usia 7-12 tahun / Ragil Prihantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ragil. 2019 Perancangan Buku Cerita Bergambar “Nephy” Sebagai Upaya Mengenalkan Tumbuhan Kantong Semar untuk Anak-Anak Usia 7-12 Tahun. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Moch. Abdul Rohman, S.Sn., M.Sn. Pembimbing (II) Dhara Alim Cendekia S.Sn., M.Ds Kata Kunci: Kantong Semar, Anak-anak, Buku Cerita Bergambar, Nephy Kantong semar merupakan tumbuhan pemakan serangga yang tumbuh tersebar di negara tropis, tumbuhan ini beradaptasi dengan menggunakan kantong pada ujung daunnya sebagai perangkap. Indonesia merupakan habitat terbesar bagi jenis kantong semar. Kerusakan hutan, dan alih fungsi lahan menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup tumbuhan kantong semar. Hal ini didukung dengan kurangnya pengetahuan masyarakat akan tumbuhan tersebut, terutama anak-anak. Saat ini anak-anak kurang mengenal kantong semar. Padahal anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang akan meneruskan, merawat dan melestrarikan alam. Diharapkan dengan mengenalkan tumbuhan kantong semar kepada anak-anak melalui buku cerita bergambar dapat memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan kantong semar. Metode dalam perancangan buku cerita bergambar ini yaitu menggunakan model perancangan Bruche Archer. Di awali dengan analisis, pengembangan, kemudian melakukan solusi dari perancangan yang akan dibuat. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data responden berupa kuesioner sejumlah 30 anak. Dari data kuesioner tersebut kemudian menganalisis hasil data responden yang akan dirancang sesuai dengan metode perancangan. Kemudian dilanjutkan dengan sintesis hingga konsep perancangan. Perancangan buku cerita bergambar ini melakukan pendekatan gaya visual digital painting kemudian dikemas dalam bentuk jilid buku. Perancangan dalam buku cerita bergambar diikuti dengan penggunaan warna yang cerah agar menarik perhatian anak-anak. Kemudian untuk mempromosikan produk ini, media pendukung lain seperti X banner, stiker, dan tumblr. Dalam perancangan buku cerita bergambar, temuan lain seperti kebutuhan anak-anak dalam minat membaca perlu diperhatikan. Diikuti dengan penggunaan media yang sesuai dengan perkembangan zaman. Tujuan perancangan buku cerita bergambar ini agar anak-anak peduli terhadap keanekaragaman flora. Khususnya kantong semar, sehingga generasi penerus dapat menjaga sekaligus melestarikan tumbuhan kantong semar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92249

Actions (login required)

View Item View Item