Perancangan merchandise kit band "Youngster City Rockers" sebagai upaya penguatan positioning dan loyalitas penggemar / Zakaria Kusmindar

Kusmindar, Zakaria (2020) Perancangan merchandise kit band "Youngster City Rockers" sebagai upaya penguatan positioning dan loyalitas penggemar / Zakaria Kusmindar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kusmindar, Zakaria. 2018. Perancangan Merchandise Kit Band “Youngster City Rockers” sebagai Upaya Penguatan Positioning dan Loyalitas Penggemar. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn., (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn. Kata Kunci: merchandise kit, positioning, loyalitas, band Youngster City Rockers Berbicara mengenai musik di Indonesia, tentu terdapat perbedaan di setiap zamannya. Mengingat perkembangan musik pada zaman dahulu yang jumlahnya belum terlalu banyak, namun dari masa ke masa dengan dipengaruhi beberapa kondisi baik sosial maupun politik, menimbulkan kemunculan warna-warni musik di Indonesia pada masa ini. Youngster City Rockers adalah unit Ska Punk asal kota Malang sejak pertengahan Agustus 2006. Youngster City Rockers mencuri perhatian para scenester kota Malang dengan materi-materi yang mengangkat tema tentang keadaan alam di lingkungan kota mereka. Dengan melihat fenomena yang ada, semakin dikenal sebuah band di mata masyarakat, semakin berpotensi dalam pembentukan para pendengar loyal yang disebut penggemar. Youngster City Rockers harus memperhatikan kebutuhan yang benar-benar diperlukan oleh para penggemarnya. Sebab, kebutuhan akan fungsi dan peran komunikasi dalam kondisi bisnis yang semakin kompetitif menjadi tuntutan yang wajib dijalankan. Dalam hal ini, kegagalan dalam berkomunikasi dapat diatasi dengan cara merumuskan media promosi yang identik dengan rilisan fisik. Namun pada kancah musik Indonesia, era rilisan fisik sekilas terasa sudah lewat, pola bisnis musik legal pada masa ini sepenuhnya bertumpu pada layanan streaming. Oleh karena itu, diciptakan sebuah media promosi dalam bentuk merchandise kit, yang mampu mengubah anggapan awal rilisan fisik yang hanya sekedar cindera mata menjadi rilisan fisik yang dapat merepresentasikan eksistensi Youngster City Rockers pada penggemarnya. Perancangan merchandise kit ini bertujuan untuk menguatkan sense of belonging penggemar Youngster City Rockers terhadap band, sehingga dapat menguatkan positioning dan loyalitas penggemar mereka di pola bisnis musik Indonesia yang sudah tidak lagi hanya dapat ditopang oleh media rilisan fisik, seperti kaset, CD, atau vynil musik. Pada perancangan ini menggunakan model perancangan yang bersifat prosedural, yang diselidiki dengan cara menggambarkan keadaan suatu subjek berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya dengan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti supaya dapat menghasilkan sebuah produk. Mulai dari latar belakang hingga konsep perancangan desainnya. Produk merchandise kit yang dibundel meliputi dad hat, t-shirt, enamel pin, dan patch. Konsep kreatif ini berasal dari visualiser band Youngster City Rockers saat tampil pada panggung konser, sehingga mampu mengikat visual pada desain setiap merchandise yang dibundel. Pemilihan merchandise tersebut merepresentasikan pakaian yang biasa digunakan oleh para personil band Youngster City Rockers, sehingga pengemasan konsep tersebut memiliki pesan tentang bagaimana memvisualisasikan band Youngster City Rockers menjadi rilisan fisik yang dapat digunakan konsumen sebagai atribut gaya hidup sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92248

Actions (login required)

View Item View Item