Perancangan sign system Rumah Sakit Umum Mitra Delima sebagai penunjang fasilitas umum di Kecamatan Bululawang, kabupaten Malang / Rhegista Wilmando Biovananda

Biovananda, Rhegista Wilmando (2020) Perancangan sign system Rumah Sakit Umum Mitra Delima sebagai penunjang fasilitas umum di Kecamatan Bululawang, kabupaten Malang / Rhegista Wilmando Biovananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Biovananda, Rhegista Wilmando. 2019. Perancangan Sign System Rumah Sakit Umum Mitra Delima Sebagai Penunjang Fasilitas Umum di Kecamatan Bululawang Kabupaten, Malang. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Sn dan Dhara Alim Cendikia, S.Sn, M.Ds. Kata Kunci: Sign System, Perancangan, Rumah Sakit Umum, Mitra Delima, Malang Beberapa penyedia layanan jasa terutama bidang kesehatan kini banyak didirikannya rumah sakit di sebuah daerah. Berkembangnya layanan dan fasilitas rumah sakit kini semakin pesat dan saling memperkaya sarana prasarana di dalamnya. RSU Mitra Delima merupakan rumah sakit yang memanfaatkan potensi Kabupaten Malang yang mempunyai wilayah luas dan butuh akan fasilitas kesehatan umum. Sign system sangat penting keberadaannya pada RSU Mitra Delima mengingat rumah sakit ini memiliki banyak fasilitas di dalamnya. Jika tidak dilakukan perancangan maka hal yang dapat terjadi adalah menurunnya pemahaman masyarakat dan akan sering dijumpai kebingungan. Oleh karena itu hal yang perlu dilakukan adalah merancang sign system RSU Mitra Delima untuk menciptakan alur yang jelas dalam mencari sebuah pelayanan kesehatan. Untuk melaksanakan proses perancangan, diperlukan data berkaitan dengan informasi RSU Mitra Delima. Metodologi perancangan yang digunakan yaitu model perancangan prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif kualitatif. Proses merancang sign system RSU Mitra Delima dilakukan dengan mengadopsi model perancangan milik Bruce Archer. Model perancangan tersebut memiliki proses langkah kerja yang sesuai dengan permasalahan. Data-data&ini diperoleh melalui metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumen. Hasil dari perancangan ini yaitu merancang 4 jenis sign system wayfinding serta satu jenis information sign. Ide konsep perancangan ini adalah menyediakan informasi dan meningkatkan pemahaman masyarkat akan fasilitas yang ada serta membuat lebih menarik. Konsep tata desain sign system menggunakan bagian bunga delima yang ada di dalamnya, ditambah elemen desain lain yang mengambil bentuk dasar rantai, biji delima dan tali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92246

Actions (login required)

View Item View Item