Perancangan buku grafis "7 Hint to Become a Successful Creativepreneur" untuk membangun mindset creativepreneurship bagi generasi muda / Fika Insia Mentari

Mentari, Fika Insia (2019) Perancangan buku grafis "7 Hint to Become a Successful Creativepreneur" untuk membangun mindset creativepreneurship bagi generasi muda / Fika Insia Mentari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mentari, Fika Insia. 2019. Perancangan Buku Grafis 7 Hint To Be Come a Succesful Creativepreneur Untuk Membangun Mindset Creativepreneurship Bagi Generasi Muda. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Pujiyanto, M.Sn., (II) Dhara Alim Cendekia, S.Sn., M.Ds Kata Kunci: : Buku Grafis, Successful Creativepreneur, Creativepreneurship Kondisi masyarakat Indonesia saat ini sangat kritis karena perekonomian negara yang tidak stabil padahal Indonesia merupakan negara yang berlimpah kekayaan sumber daya alam, namun rakyatnya sendiri masih banyak yang menjadi buruh. Generasi muda saat ini kurang memiliki mindset creativepreneurship yang berpotensi untuk dapat meluaskan pandangan dan menyadari kebutuhan negeri akan daya cipta. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang buku grafis 7 Hint to Become a Successful Creativepreneur sebagai media untuk membangun mindset creativepreneurship bagi generasi muda. Media tersebut berfungsi sebagai informasi untuk membangun pola pikir generasi muda akan pentingnya menerapkan ilmu creativepreneurship sejak dini sebagai penunjang kesejahteraan kehidupan. Metode yang digunakan dalam perancangan buku grafis 7 Hint to Become a Successful Creativepreneur adalah studi pustaka, survei lapangan, dan wawancara narasumber yang terkait. Metode analisis data menggunakan teori Moleong yaitu dengan mengorganisir data-data yang telah di dapatkan dari narasumber maupun responden untuk menjawab masalah terkait yang sedang berlangsung dimasyarakat dalam penelitian untuk membuat perancangan buku grafis 7 Hint to Become a Successful Creativepreneur. Data-data didapat dari observasi, wawancara, kuisioner dan kajian dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menjawab pertanyaan riset (metode survei) atau penelitian benda (metode observasi). Strategi desain yang digunakan pada perancangan buku grafis 7 Hint to Become a Successful Creativepreneur ini adalah dengan memvisualisasikan media buku grafis menggunakan warna Vivid Color Design yang merupakan warna-warna yang mencolok atau colourful dan kuat serta ilustrasi ringan yang menarik. Buku grafis ini dirancang dengan menggunakan New York Style Design. Style ini digunakan karena tengah menjadi gaya desain yang disukai oleh generasi muda masa kini, New York Style Design juga merupakan gaya desain yang mengesankan desain yang ekspresif dan juga modern. Perancangan ini menghasilkan media utama dan media pendukung yang menunjang media utama. Media Utama dari perancangan ini adalah buku grafis 7 Hint To Become a Succesful Creativepreneur. Media pendukung yang menunjang media utama adalah notebook, katalog media, merchandise, dan x-banner yang akan disebarluaskan pameran buku atau event-event mengenai creativepreneurship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92242

Actions (login required)

View Item View Item