Perancangan video promosi wisata alam Kota Kupang sebagai media promosi pariwisata / Heri Septian Adi Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan video promosi wisata alam Kota Kupang sebagai media promosi pariwisata / Heri Septian Adi Nugroho

Nugroho, Heri Septian Adi (2019) Perancangan video promosi wisata alam Kota Kupang sebagai media promosi pariwisata / Heri Septian Adi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Nugroho Heri Septian Adi. 2019. Perancangan Video Promosi Wisata Alam Kota Kupang Sebagai Media Promosi Pariwisata. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn (II) Andhika Putra Herwanto S.Sn M.Sn. Kata kunci Perancangan Video Promosi Wisata Alam Kota Kupang Media Promosi Pariwisata. Pulau Komodo ditetapkan sebagai The New 7 Wonders of Nature berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kota Kupang sebagai ibukota provinsi NTT yang juga memiliki banyak potensi wisata alam seharusnya dapat memanfaatkan peluang tersebut. Namun media promosi oleh Dinas Pariwisata Kota Kupang dianggap belum efektif untuk menarik perhatian dari wisatawan karena tidak dapat menjangkau audience yang lebih luas serta memiliki visual yang terbatas. Oleh sebab itu dibutuhkan media promosi video yang dapat menampilkan lebih banyak eksplorasi visual disertai pemberian informasi dan pesan promosi dari wisata alam di Kota Kupang. Model perancangan yang digunakan dalam perancangan video promosi wisata alam Kota Kupang ini adalah model perancangan prosedural yang bersifat deskriptif yaitu mengikuti langkah-langkah terstruktur untuk menghasilkan produk sebagai jawaban dari masalah yang diangkat. Model sudah mencangkup prosedur perancangan video meliputi proses pra produksi produksi dan pasca produksi. Perancangan ini mengahasilkan media berupa video promosi wisata alam Kota Kupang yang berdurasi 2 menit 36 detik dengan resolusi 1920 x 1080 pixel. Video ini menampilkan keindahan visual dari objek-objek wisata alam di Kota Kupang berupa pantai dan gua disertai narasi musik talent dan translasi bahasa inggris dari narasi agar dapat menjangkau dan difahami oleh wisatawan asing. Hasil dari perancangan ini akan diunggah melalui media sosial di internet dengan situs berbagi video seperti Youtube dan Instagram agar dapat menjangkau calon wisatawan yang lebih luas dan pasar yang lebih spesifik. Terdapat media pendukung berupa x-banner dan banner online yang membantu proses promosi video. Media promosi ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke wisata alam di Kota Kupang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92236

Actions (login required)

View Item View Item