Perancangan buku cerita berbentuk pop-up tentang sejarah Kabupaten Lumajang / Fitri Endah Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku cerita berbentuk pop-up tentang sejarah Kabupaten Lumajang / Fitri Endah Lestari

Lestari, Fitri Endah (2019) Perancangan buku cerita berbentuk pop-up tentang sejarah Kabupaten Lumajang / Fitri Endah Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lestari Fitri Endah. 2019. Perancangan Buku Cerita Berbentuk Pop-Up Tentang Sejarah Kabupaten Lumajang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Pujiyanto M.Sn. (II) Yon Ade Lose Hermanto S.Sn M.Sn Kata kunci Buku Pop-up Sejarah Kerajaan Desain Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Lumajang kemungkinan telah dianggap sebagai tempat yang cukup penting semenjak tahun 1182 M. Dalam sejarahnya Kabupaten Lumajang yang dulu lebih dikenal dengan Lamajang Tigang Juru merupakan salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia dan memiliki hubungan dekat dengan Kerajaan Majapahit. Dengan menampilkan sejarah Kabupaten Lumajang melalui buku cerita dalam bentuk pop-up diharapkan anak-anak lebih mengerti dan memahami cerita tersebut dengan menggunakan kemasan dan ilustrasi yang menarik. Tujuan dari perancangan buku pop-up tentang sejarah Kabupaten Lumajang ini adalah untuk mengembangkan minat baca anak serta agar anak mengetahui tentang sejarah Kabupaten Lamajang yang merupakan bagian dari sejarah kebudayaan yang terdapat di Indonesia. Perancangan ini menggunakan model prosedural dengan pendekatan kualitatif. Dalam data perancangan ini diperoleh dari wawancara observasi dan dokumentasi data di lapangan. Perancangan ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi masalah mengumpulkan data menganalisis data memecahan masalah kemudian memvisualisasikan konsep ke dalam sebuah media buku pop-up. Perancangan ini menghasilkan buku pop-up yang berjudul Arya Wiraraja dan Lamajang Tigang Juru . Buku pop-up menceritakan tentang sejarah berdirinya Kabupaten Lumajang dengan teknik pop-up. Gambar ilustrasi dieksekusi dengan teknik digital pianting. Buku pop-up ini berisi 24 halaman dicetak dengan teknik cetak digital dan dijilid hard cover.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92235

Actions (login required)

View Item View Item