Perancangan luggagge tag wisata gunung Bromo berbasis teknologi augmented reality sebagai media optimalisasi fasilitas wisatawan mancanegara / Richi Muammar Andini

Andini, Richi Muammar (2019) Perancangan luggagge tag wisata gunung Bromo berbasis teknologi augmented reality sebagai media optimalisasi fasilitas wisatawan mancanegara / Richi Muammar Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Richi. 2019. Perancangan Luggage Tag Wisata Gunung Bromo Berbasis Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Optimalisasi Wisatawan Mancanegara. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Moch. Abdul Rohman, S.Sn., M.Sn. Pembimbing (II) H.J. Hendrawan, S.Sn., M.Ds. Kata Kunci: Gunung Bromo, Wisatwan Asing, Augmented Reality, Luggage Tag. Gunung Bromo merupaka salah satu destinasi wisata yang sudah dikenal oleh dunia sejak lama, gunung berketinggian 2.239 meter di atas permukaan laut ini menyimpan banyak sekali keindahan, baik alam maupun budaya, tak heran jika setiap harinya ada 1500 wisatawan yang datang ke sini dan 10% nya adalah wisatawan mancanegara. Untuk mengunjungi wisata Gunung Bromo ini, wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.30.000 untuk wisatawan lokal dan Rp.300.000 untuk wisatawan mancanegara. Hal ini sangat disayangkan apabila fasilitas yang diberikan adalah sama. Dengan demikian maka harus diberikan fasilitas tambahan yang lebih untuk wisatawan mancanegara dan juga sebagai media promosi ke luar negeri. Untuk itu diberikan sebuah Luggage Tag yang bisa menjadi tour guide secara virtual dengan bahasa-bahasa internasional yang berbasis Augmented Reality. Dalam pembuatan media ini dilakukan beberapa tahapan diantaranya adalah identifikasi dengan melakukan observasi baik di lapangan maupun di Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tahap selanjutnya adalah data lapangan yaitu dengan mengumpulkan data-data yang telah didapat dari observasi sebelumnya, selanjutnya dilakukan analisa yang menemukan sebuah permasalahan dan peneyelesaianya. Hingga pada akhirnya dilakukan perancangan yang menghasilkan sebuah protoype Luggage Tag wisata Gunung Bromo yang berbasis Augmented Reality. Dengan adanya media ini, maka wisatawan asing tetap mendapatkan prioritas dibalik selisih harga tiket tersebut berupa fasilitas guide tour secara virtual. Tidak hanya itu, fungsi lain dari media ini adalah sebagai Merchandise berupa penanda tas yang tetap bisa menampilkan AR meskipun meninggalkan lokasi Gunung Bromo, sehingga bisa menjadi media promosi dari wisatawan tersebut dan mengundang lebih banyak lagi wisatawan asing ke Gunung Bromo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92224

Actions (login required)

View Item View Item