Pengaruh media kartu angka bergambar terhadap peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Muhammadiyah Jombang / Isna Nur Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media kartu angka bergambar terhadap peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Muhammadiyah Jombang / Isna Nur Hikmah

Isna Nur (2015) Pengaruh media kartu angka bergambar terhadap peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Muhammadiyah Jombang / Isna Nur Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hikmah Isna Nur. 2015. Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Siswa Tunagrahita di SDLB Muhammadiyah Jombang. Skripsi S1 PLB Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto M. Pd (2) Drs. Usep Kustiawan M. Sn. Kata Kunci kartu angka bergambar berhitung penjumlahan tunagrahita. Tunagrahita adalah istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang mempunyai kemampuan intelektual di bawah rata-rata Kemampuan siswa tunagrahita di SDLB Muhammadiyah Jombang dalam pembelajaran matematika menunjukkan adanya kesulitan dalam mengingat simbol lambang bilangan akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam menerima materi berhitung penjumlahan bilangan 1 sampai 10. Siswa perlu media kongkret atau bantuan gambar untuk menyelesaikan soal penjumlahan. Oleh Karena itu dibutuhkan media kartu angka bergambar untuk membantu siswa dalam mengerjakan soal penjumlahan. Tujuan penelitian yang diteliti adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Muhammadiyah Jombang pada kondisi baseline. (2) Mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV SDLB Muhammadiyah Jombang setelah kondisi intervensi dengan menggunakan media kartu angka. (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahitakelas IV SDLB Muhammadiyah Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) desain penelitian A-B. Subjek penelitian ini adalah FTR (11 Tahun). Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes kemampuan berhitung kemudian dianalisis dengan rumus persentase. Hasil yang diketahui dari penelitian ini adalah (1) level perubahan fase baseline sebesar -12%. Sedangkan (2) pada fase intervensi sebesar 8% (3) terdapat perubahan meningkat atau naik dari fase baseline terhadap fase intervensi sebesar 20%. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari fase baseline ke fase intervensi hal ini dipengaruhi oleh adanya media kartu angka bergambar dalam peningkatan berhitung penjumlahan pada siswa tunagrahita di SDLB Muhammadiyah Jombang. Saran yang diharapkan oleh peneliti bagi guru dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran matematika materi berhitung penjumlahan dengan mengguankan media kartu angka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9204

Actions (login required)

View Item View Item