Pembelajaran berbasis portofolio (PBP) untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas X pada pelajaran bahasa indonesia di SMAN 1 Nganjuk / Elyka Erma Shanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbasis portofolio (PBP) untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas X pada pelajaran bahasa indonesia di SMAN 1 Nganjuk / Elyka Erma Shanti

Shanti, Elyka Erma (2010) Pembelajaran berbasis portofolio (PBP) untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas X pada pelajaran bahasa indonesia di SMAN 1 Nganjuk / Elyka Erma Shanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shanti Elyka Erma. 2010. Pembelajaran Berbasis Portofolio (PBP) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas X Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Negeri I Nganjuk. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Moh. Efendi M.Pd M.Kes dan (2) Dr. Hj. Mardiah Moenir M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Portofolio Assessment Portofolio Menulis Deskripsi. Inovasi pendidikan sangat diperlukan dalam me nunjang pembelajaran. Pembelajaran berbasis portofolio merupakan salah satu inovasi pendidikan yang berusaha memajukan pembelajaran dalam bentuk assessment portofolio. Assessment portofolio ini menekankan pada pada penilaian proses dan hasil. Pembelajaran berbasis portofolio merupakan bundelan hasil karya-karya terbaik yang terkumpul dalam kurun waktu tertentu. Pembelajaran berbasis portofolio ini sangat bermanfaat dalam mengontrol perkembangan siswa. Selain itu pembelajaran berbasis portofolio ini merupakan cara paling mudah menumbuhkan motivasi dan kepercayaan diri pada siswa. Pembelajaran berbasis portofolio dalam bentuk assessment portofolio ini sangat diperlukan bagi guru. Assessment ini dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Menulis deskripsi termasuk pelajaran Bahasa Indonesia kelas X. Menulis deskripsi merupakan bentuk karangan yang mendeskripsikan sesuatu secara jelas dan lengkap. Karangan deskripsi berusaha untuk menyentuh semua ind era sehingga melalui tulisan deskripsi pembaca sudah bisa menggambarkan hal yang dimaksud. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Quasi Experiment With Pretest Postest Group Design . Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen digunakan d alam penerapan pembelajaran berbasis portofolio sedangkan kelas kontrol digunakan sebagai pengontrol dengan menggunakan pembelajaran secara konvensional . Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nganjuk. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui nilai/hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nganjuk dengan menggunakan pembelajaran berbasis portofolio (2) mengetahui nilai/hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nganjuk dengan menggunakan pembelajaran berbasis portofolio (3) mengetahui perbedaan nilai/hasil belajar menulis deskripsi ii siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nganjuk antara pendekatan pembelajaran berbasis portofolio dengan pembelajaran konvensional. Teknik penentuan sampel berdasarkan teknik purposive sampling dan teknik acak sederhana. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen primer berupa tes menulis dan instrumen sekunder berupa kuesioner siswa daftar isian/pernyataan guru dan pengama tan. Analisis pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji T-Test Pair Sample dan Independent Sample. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil analisis pos-tes menulis deskripsi objektif diperoleh indeks t sebesar 5 949 pada taraf signifikansi 0 000. Artinya p 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima (2) hasil analisis pos-tes menulis deskripsi subjektif diperoleh indeks t sebesar 4 057 pada taraf signifikansi 0 000. Artinya p 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini se cara umum yaitu ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan pembelajaran berbasis portofolio (PBP) dengan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas X pada pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nganjuk . Perbedaan hasil belajar ini ditunjukkan dengan lebih tingginya nilai rata -rata menulis deskripsi yang diperoleh kelompok eksperimen dibandingkan dengan nilai rata -rata menulis deskripsi yang diperoleh kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebu t dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nganjuk supaya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis portofolio (PBP) dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini dikarenakan pembelajaran berbasis portofolio mampu menyajikan penilaian pada proses dan hasil dibandingkan pe mbelajaran konvensional yang hanya menyajikan penilaian pada hasil saja. Penilaian pada proses dan hasil mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena melalui proses yang terbimbing dari guru mampu meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri pada siswa sehingga hasil belajar juga meningkat (2) Kepala Sekolah khususnya Kepala SMA Negeri 1 Nganjuk agar mengembangkan pembelajaran berbasis portofolio (PBP) dalam proses belajar mengajar di kelas untuk semua guru mata pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Nganjuk pada pelajaran Bahasa Indonesia terbukti pembelajaran berbasis portofolio mampu meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi (3) bagi peneliti berikutnya disarankan kepada para peminat pembelajaran pa ra peneliti berikutnya para ilmuan dan mungkin untuk peneliti sendiri agar dapat mengembangkan pembelajaran berbasis portofolio dengan variabel penelitian yang lebih kompleks tentang menulis atau dapat juga mengembangkan penelitian untuk mata pelajaran yang berbeda dengan materi yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item