Pengaruh penggunaan media papan flanel pintar terhadap kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas 3 SDLB Kedungkandang Kota Malang / Muh. Kholid Ni'amul Ludfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media papan flanel pintar terhadap kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas 3 SDLB Kedungkandang Kota Malang / Muh. Kholid Ni'amul Ludfi

Muh. Kholid Ni'amul (2015) Pengaruh penggunaan media papan flanel pintar terhadap kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas 3 SDLB Kedungkandang Kota Malang / Muh. Kholid Ni'amul Ludfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ludfi Muh. Kholid Ni amul. 2015.Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Pintar Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Anak Tunagrahita Kelas 3 SDLB Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd. (2) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci Media Papan Flanel Pintar Berhitung Penjumlahan Anak Tunagrahita Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam berfikir dan daya ingatnya rendah sehingga kesulitan menerima materi pelajaran tanpa terkecuali pelajaran matematika berhitung penjumlahan.Faktor pendukung lain yaitu dari observasi di lapangan bahwa guru hanya membiarkan siswa yang mengalami kesulitan pengajaran yang dilakukan guru juga tidak menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam menyerap materi. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu anak dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan. Media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu media papan flanelpintar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas 3 SDLB Kedungkandang saat kondisi baseline. Untuk mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas 3 SDLB Kedungkandang setelah kondisi intervensi. Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media papan flanel pintar terhadap kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas 3 SDLB Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah I.W. siswa tunagrahita kelas 3 SDLB Kedungkandang yang memiliki hambatan dalam berhitung penjumlahan bilangan 1 8722 10. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media papan flanel pintar. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan berhitung penjumlahan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes observasi dan dokumentasi. Validasi instrument menggunakan teknik expert judgemen. Data dari hasil penelitian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif sederhana. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dari nilai yang diperoleh subjek penelitian yaitu pada fase baseline-1 (A1) berkisar antara 66% 8722 72% pada fase intervensi (B) berkisar antara 78% 8722 88% dan pada fase baseline-2 (A2) berkisar antara 88% 8722 94%. Hasil dari tiap-tiap fase menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan berhitung penjumlahan yang dimiliki anak. Selain itudari analisis data juga diperoleh data overlap sebesar 0%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media papan flanel pintar berpengaruh terhadap kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas 3 SDLB Kedungkandang Kota Malang.Saran 1) Guru agar menggunakan media pembelajaran dalam pengajaran 2) Peneliti selanjutnya agar mengembangkan penelitian lagi terkait media pembelajaran dengan ruang lingkup yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9186

Actions (login required)

View Item View Item