Nasionalisme melalui olahraga: studi tentang peristiwa Games of New Emerging Forces "Ganefo" 1963 / Aan Arifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Nasionalisme melalui olahraga: studi tentang peristiwa Games of New Emerging Forces "Ganefo" 1963 / Aan Arifa

Arifa, Aan (2019) Nasionalisme melalui olahraga: studi tentang peristiwa Games of New Emerging Forces "Ganefo" 1963 / Aan Arifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Arifa Aan. 2018. Nasionalisme Melalui Olahraga Studi Tentang Peristiwa Ganefo 1963. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci Soekarno Games Of The New Emerging Forces Nasionalisme. Ide gagasan Games Of New Emerging Forces (GANEFO) disampaikan Soekarno di Istana Merdeka pada 3 November 1962 merupakan suatu pekan olahraga yang diikuti oleh negara-negara kekuatan baru di dunia. Ganefo memiliki tujuan untuk menggabungkan semua tenaga New Emerging Forces (NEFO) berdasarkan persahabatan kekeluargaan kenalmengenal cinta-mencintai dan menciptakan rasa simpati diantara satu dengan yang lain. Ide dan cita-cita GANEFO sejalan dengan cita-cita Dasasila Bandung serta merupakan pancaran dari dasar negara Indonesia Pancasila. GANEFO 1 dapat dilaksanakan di Jakarta selama 13 hari tanggal 10-22 November 1963 termasuk pelaksanaan upacara pembukaan dan penutupan. Negara peserta yang mengikuti GANEFO 1 merupakan cerminan dari empat benua. Inti permasalahan dalam skripsi ini ialah (1) Proses diadakanya GANEFO (2) Proses penyelenggaraan GANEFO (3) Bagaimanakah muatan nasionalisme pada penyelenggaraan GANEFO. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian historis yang terdiri dari pemilihan topik yang didasarkan pada kedekatan emosional dan kedekatan intelektual heuristik kritik interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini ialah (1) GANEFO dibuat oleh Soekarno sebagai reaksi terhadap sanksi yang diberikan International Olympic Committee terhadap Indonesia karena mencoret Taiwan dan Israel GANEFO memiliki tujuan untuk menggabungkan semua tenaga NEFO berdasarkan persahabatan kekeluargaan kenal-mengenal cinta-mencintai dan menciptakan rasa simpati diantara satu dengan yang lain (2) GANEFO 1 dapat dilaksanakan di Jakarta selama 13 hari tanggal 10-22 November 1963 termasuk pelaksanaan upacara pembukaan dan penutupan cabang olahraga yang dipertandingkan/dilombakan ada dua puluh dengan jumlah atlit peserta sekitar 3000 orang (3) Muatan nasionalisme dalam penyelenggaraan GANEFO sangatlah banyak sekali baik unsur pemerintah maupun unsur seluruh lapisan masyarakat turut andil dalam mensukseskan pesta negara-negara NEFO begitu luar biasa sumbangsih seluruh elemen bangsa ini dalam menyelenggarakan GANEFO 1 pada 1963 tersebut. Saran untuk penelitian selanjutnya ialah bahwa masih banyak sekali sebenarnya peristiwa-peristiwa sejarah olahraga lain yang bisa dijadikan sebagai objek penelitian sejarah diantaranya seperti peristiwa olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) Olimpiade Piala Dunia dst. Masih banyak sekali saya kira halhal menarik yang bisa digali lebih dalam dari peristiwa olahraga tersebut terakhir saya ucapkan selamat mencoba semoga sukses bagi rekan-rekan sekalian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91476

Actions (login required)

View Item View Item