Terbentuknya komunitas motor di Kota Malang dan pengaruhnya dalam politik identitas (1980-2015) / Wahyu Setyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Terbentuknya komunitas motor di Kota Malang dan pengaruhnya dalam politik identitas (1980-2015) / Wahyu Setyanto

Setyanto, Wahyu (2018) Terbentuknya komunitas motor di Kota Malang dan pengaruhnya dalam politik identitas (1980-2015) / Wahyu Setyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyanto Wahyu. 2018. Terbentuknya Komunitas Motor di Kota Malang dan Pengaruhnya dalam Politik Identitas 1980-2015. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Sapto M. Hum. Kata Kunci Komunitas Motor Politik Identitas Kota Malang. Komunitas motor merupakan sebuah kelompok masyarakat yang memiliki persamaan dalam hal kegemaran berkendara sepeda motor dan segala hal tentang motor. Perkembangan komunitas motor di Indonesia telah menjangkau hampir semua daerah salah satunya Kota Malang. Komunitas motor di Kota Malang telah ada sejak tahun 1980-an dan masih dapat menunjukkan eksistensinya hingga sekarang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan latar belakang terbentuknya komunitas motor Kota Malang dan politik identitas yang terbentuk di dalamnya. namun sebelum masuk kepada tahap analisis terbentuknya komunitas motor di kota Malang Sepertihalnya masalah yang ditentukan oleh penulis menjadi dua yaitu 1) bagaimana latar belakang terbentuknya komunitas di Kota Malang pada tahun 1980-2015 2) bagaimana aktifitas komunitas motor dan pengaruh keberadaan komunitas motor terhadap pembentukan politik identitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang dibagi lima tahap yaitu pemilihan topik heuristik kritik interpretasi dan historiografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Adapun pengumpulan data juga dilakukan dengan mencari sumber data buku dokumentasi foto arsip majalah sezaman dan koran sezaman untuk menjaga keabsahan data dilakukan kritik terhadap sumber data dan dilakukan pembandingan terhadap data tersebut. Kajian ini menghasilkan analisis mengenai latar belakang terbentuknya komunitas motor di Kota Malang yang di pengaruhi oleh dua faktor yaitu 1) faktor interaksi sosial yang dilakukan individu 2) faktor kesamaan yang dimiliki individu dalam hal hoby tujuan kecintaan terhadap motor. Adanya interaksi antarindividu atau kelompok yang memiliki kesamaan dan kegemaran terhadap motor. Di sisi lain keberadaan komunitas motor memunculkan semangat dan ideologi yang sama bagi para anggotanya. Komunitas motor di Kota Malang dapat di golongkan menjadi dua yaitu 1) komunitas motor produk Eropa 2) komunitas motor produk Jepang. Kajian ini menghasilkan analisis mengenai memunculkan sebuah politik identitas yang merupakan perekat komunitas yang melalui aktifitas atau kegiatan agar selalu menunjukkan keberadaannya dalam kehidupan masyarakat. Aktifitas atau kegiatan dibagi menjadi empat pembahasan antara lain 1) kopi darat 2) touring 3) bakti sosial 4) sosialisasi berkendara ( Safety Riding).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91464

Actions (login required)

View Item View Item