Muatan Fakta Sejarah dalam Film Karya Usmar Ismail (1950-1954) / Nila Iliyyatuz Zulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Muatan Fakta Sejarah dalam Film Karya Usmar Ismail (1950-1954) / Nila Iliyyatuz Zulfa

Zulfa, Nila Iliyyatuz (2018) Muatan Fakta Sejarah dalam Film Karya Usmar Ismail (1950-1954) / Nila Iliyyatuz Zulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulfa Nila Iliyyatuz. 2018. Muatan Fakta Sejarah dalam Film Karya Usmar Ismail (1950-1954). Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ismail Lutfi M.A. Kata Kunci fakta sejarah film Usmar Ismail Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang muatan fakta dalam film bertema epik historis. Film yang digunakan sebagai media penyalur informasi dan komunisasi massal yang bergenre sejarah akan memunculkan sebuah permasalahan tentang relevansi muatan fakta sejarah yang terdapat dalam film. Permasalahan yang diteliti adalah (1) latar peristiwa dalam film Usmar Ismail (1950-1954) (2) latar kehidupan Usmar Ismail (3) muatan fakta sejarah dalam tiga film karya Usmar Ismail (1950-1954) yakni film Darah dan Doa Enam Djam di Djokja dan film Lewat Djam Malam. Tujuan penelitian ini (1) memaparkan latar peristiwa yang diangkat dalam film Darah dan Doa Enam Djam di Djokja dan film Lewat Djam Malam (2) merekontruksi latar kehidupan Usmar Ismail (3) mendapatkan kesimpulan tentang muatan fakta sejarah dalam tiga film karya Usmar Ismail yakni film Darah dan Doa Enam Djam di Djokja dan film Lewat Djam Malam. Jenis penelitian ini menggunakan metode sejarah Kuntowijoyo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori neorealisme dan teori mimetik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan library research. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa film serta data tekstual berupa resensi film dan surat kabar. Sedangkan data sekunder menggunakan buku-buku serta penelitian terdahulu yang terkait dengan latar peristiwa yang menjadi sumber inspirasi dalam pembuatan film Darah dan Doa Enam Djam di Djokja serta film Lewat Djam Malam. Berdasar hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan yakni pertama latar peristiwa dalam film yang menjadi ini merupakan sebuah fakta sejarah berdasarkan data dalam dokumen. Kedua Usmar Ismail merupakan multitalent person dan tokoh revolusioner dengan membawa karakter film nasionalis pertama dalam dunia perfilman Indonesia. Ketiga muatan fakta sejarah dalam film Darah dan Doa Enam Djam di Djokja serta film Lewat Djam Malam yang berdasar pada dokumen dan arsip.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91463

Actions (login required)

View Item View Item