Anasir Pra-Islam pada Kompleks Makam Sendang Duwur Paciran Lamongan / Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Anasir Pra-Islam pada Kompleks Makam Sendang Duwur Paciran Lamongan / Novita Sari

Sari, Novita (2018) Anasir Pra-Islam pada Kompleks Makam Sendang Duwur Paciran Lamongan / Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Novita. 2017. Anasir Pra-Islam pada Kompleks Makam Sendang Duwur Paciran Lamongan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Skripsi Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. Kata Kunci Anasir pra-Islam kompleks makam Sendang Duwur. Pada kompleks Makam Sendang Suwur ini terdapat tiga bangunan yaitu gapura makam dan masjid. Pada kompleks Makam Sendang Duwur ini terdapat unsur-unsur budaya masa prasejarah Hindu-Budha dan Islam yang masih ada hingga sekarang. Contoh dari budaya masa prasejarah yaitu adanya tinggalan batu asah masa Hindu-Budha berupa bangunan gapura terdiri dari paduraksa dan bentar dan masa Islam berupa makam dan masjid. Letak kompleks makam yang berada di bukit Amitunon ini memiliki kesamaan dengan keyakinan masa prasejarah Hindu-Budha dan Islam akan letak yang tinggi merupakan tempat yang suci. Keyakinan tersebut dapat dilihat dari kompleks makam ini baik dilihat dari bangunan dan letak bangunan. Kompleks Makam Sendang Duwur ini salah satu bangunan masa peralihan. Hal inilah kompleks Makam Sendang Duwur dipilih untuk diteliti lebih lanjut untuk mengetahui adanya kontinitas budaya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui latar belakang gagasan keberadaan pada kompleks Makam Sendang Duwur (dilihat dari arsitektur dan dekoratifnya). Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yang terdiri dari pemilihan judul heuristik kritik interpretasi dan historiografi. Pemilihan judul karya tulis ini dilakukan dengan pendekatan emosional dan intelektual yang akan mempermudah dalam pengumpulan sumber data. Sumber data ini juga ada kritik baik intern dan ekstern. Data yang telah didapatkan dari berbagai sumber data yang telah melalui kritik inilah akan diinterpretasikan menjadi sebuah ide pokok yang kemudian akan disusun menjadi tulisan yang berupa historiografi. Hasil penelitian yang pertama adalah kompleks Makam Sendang Duwur ini merupakan situs peninggalan dari Sunan Sendang seorang tokoh penyebar agama Islam di Paciran. Latar belakang kesejarahan dari kompleks makam ini salah satunya digunakan untuk menghargai dan mengenang jasa Sunan Sendang kepada masyarakat Desa Sendang Duwur yang telah membantu dalam kesejahteraannya. Kedua unsur pra-Islam pada kompleks Makam Sendang Duwur masih ada berupa sebuah temuan batu asah ragam hias tataletaknya dan juga bentuk bangunannya. Anasir pada masa Hindu-Budha pada kompleks makam ini terlihat pada enam gapura yang memiliki dua jenis bentuk yaitu paduraksa dan bentar ukiran yang berada di gapura yang telah digayakan. Ketiga kompleks Makam Sendang Duwur terdapat kontinuitas budaya yaitu tampak pada letak bangunan yang berada di atas bukit Amitunon tinggalan berupa batu asah dan sebuah patung siwa meskipun keberadaannya tidak dapat diketahui lagi bangunan gapura-gapura terdapat bangunan makam dan masjid. Hal inilah yang menunjukkan wujud dari adanya gagasan kebaradaan dari kompleks Makam Sendang Duwur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91460

Actions (login required)

View Item View Item