Dinamika budidaya penanaman tembakau dan pengaruhnya terhadap sosial ekonomi petani do Bojonegoro pada tahun 1980-2015 / Irsa Anata Bahtiar

Bahtiar, Irsa Anata (2018) Dinamika budidaya penanaman tembakau dan pengaruhnya terhadap sosial ekonomi petani do Bojonegoro pada tahun 1980-2015 / Irsa Anata Bahtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bahtiar, Irsa Anata. 2017. Dinamika Budidaya Penanaman Tembakau Dan Pengaruhnya Terhadap Sosial-Ekonomi Petani di Bojonegoro Pada Tahun 1980-2015. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum. Kata Kunci: Tembakau, Sosial-Ekonomi, Bojonegoro. Tanaman tembakau memiliki daya tarik tersendiri bagi para petani yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Tembakau menjadi komoditi yang diunggulkan oleh para petani tembakau di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Tanaman tembakau sangat berpengaruh terhadap perekonomian para petani itu sendiri maupun perekonomian daerah. Tanaman tembakau di Kabupaten Bojonegoro dikenal memiliki kualitas yang sangat baik di Indonesia. Kajian mengenai tanaman tembakau di Kabupaten Bojonegoro masih belum banyak diteliti. Berkaitan itu, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih jelas tentang sejarah tanaman tembakau di Kabupaten Bojonegoro dan pengaruhnya terhadap sosialekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mencari jawaban atas beberapa masalah yang ada. (1) Bagaimana sejarah adanya tanaman tembakau di Kabupaten Bojonegoro. (2) Bagaimana perkembangan budidaya tanaman tembakau di Kabupaten Bojonegoro. (3) Bagaimana kondisi sosial-ekonomi petani tembakau di kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini terdiri atas beberapa tahap yaitu heuristik, kritik, intepretasi, dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut: (1) Belanda mengembangkan tanaman tembakau di daerahdaerah yang memiliki potensi. Belanda membentuk sebuah balai penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan tanaman tembakau di daerah potensi tersebut. Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu daerah yang potensi untuk dikembangkan tanaman tembakau. Tanaman tembakau dijadikan Belanda sebagai komoditi ekspor. (2) Perkembangan tanaman tembakau di Kabupaten Bojonegoro mengalami peningkatan yang signifikan dari luas areal maupun hasil produksinya. Tanaman tembakau di Kabupaten Bojonegoro mengalami puncak produksinya pada periode 70-an. Tanaman tembakau di Kabupaten Bojonegoro mengalami penurunan produksi pada periode 80-an akhir. Penyebab turunya produksi tanaman tembakau adalah dari iklim dan dari petani itu sendiri. Hingga saat ini perkembangan tembakau di kabupaten Bojonegoro mengalami pasang surut atau fluktuatif. (3) Tanaman tembakau sangat berpengaru terhadap perekonomian petani tembakau yang ada di kabupaten Bojonegoro. Tanaman tembakau juga menyerap banyak tenaga kerja mulai dari penanaman hingga pengolahan. Saran yang dapat diberikan adalah menggunakan hasil penelitian ini sebagai ilmu pengetahuan yang dapat memberikan wawasan bagi masyarakat terutama yang berada di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai pedoman untuk penelitian selanjutnya dalam lingkup yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91455

Actions (login required)

View Item View Item