Bangunan-bangunan pada relief Parthayajna di Candi Jago: tinjauan arsitektur dan fungsi / Mohammad Izzuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Bangunan-bangunan pada relief Parthayajna di Candi Jago: tinjauan arsitektur dan fungsi / Mohammad Izzuddin

Izzuddin, Mohammad (2017) Bangunan-bangunan pada relief Parthayajna di Candi Jago: tinjauan arsitektur dan fungsi / Mohammad Izzuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Izzuddin Mohammad. 2017. Bangunan-Bangunan pada Relief Parthayajna di Candi Jago Tinjauan Arsitektur dan Fungsi. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum Kata Kunci bangunan Relief Parthayajna Candi Jago Terdapat banyak bangunan yang berada pada relief-relief cerita. Relief cerita yang ada pada dinding candi berasal dari karya sastra. Salah satu relief cerita yang memiliki relief bangunan terdapat pada kisah Parthayajna di Candi Jago. Candi Jago sendiri memiliki beberapa relief cerita pada dindingnya. Relief Parthayajna dipilih sebagai objek penelitian karena relief tersebut hanya terpahat pada Candi Jago. Selain mempunyai bidang pahatan yang lebih luas dan termasuk relief cerita masih utuh relief Parthayajna juga memiliki relief bangunan yang unik. Diperkirakan atap dari relief bangunan tersebut mirip dengan atap dari Candi Jago itu sendiri. Penelitian ini diharapkan menjadi informasi awal untuk menemukan permasalahan lain yang belum terpecahkan mengenai relief bangunan khususnya relief bangunan yang terdapat pada Candi Jago. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tentang bangunan-bangunan yang terdapat pada relief Parthayajna di Candi Jago berdasarkan tinjauan arsitektur (2) fungsi bangunan-bangunan yang terdapat pada relief Parthayajna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif cara kerja yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode arkeologi untuk mengolah sumber data baik primer maupun sekunder. Data yang digunakan adalah data artefaktual dan tekstual kedua data tersebut diperoleh dari tahap observasi lapangan dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis arsitektur dan fungsi bangunan dengan menggunakan teknik analisis bangunan klasik dan pintu gerbang yang berdasarkan kajian morfologi dan konstesktual. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil simpulan dari penelitian berikut ini. Pertama dari segi arsitektur terdapat tiga jenis bangunan yaitu balai pendapa pura dan pintu gerbang. Bangunan-bangunan tersebut merupakan bangunan yang mempunyai konstruksi kayu dan batu. Hal tersebut dilihat berdasarkan komponen bangunan yaitu kaki tubuh dan atap. Kedua fungsi bangunan yang menunjukkan bangunan balai pendapa berfungsi sebagai tempat berkumpul fungsi bangunan yang menunjukkan bangunan pura berfungsi sebagai tempat pemujaan serta fungsi bangunan yang menunjukkan bangunan pintu gerbang berfungsi sebagai pintu masuk menuju bangunan utama pada suatu kompleks bangunan. Bangunan-bangunan tersebut dapat diketahui fungsinya berdasarkan latar tempat yaitu di lingkungan istana dan pertapaan serta berdasarkan konteks cerita Parthayajna dalam naskah maupun relief.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91454

Actions (login required)

View Item View Item