Kota Tarakan: sebuah deskripsi perkembangan kota tambang (1896-1941) / Mucklis Toni Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kota Tarakan: sebuah deskripsi perkembangan kota tambang (1896-1941) / Mucklis Toni Irawan

Irawan, Mucklis Toni (2017) Kota Tarakan: sebuah deskripsi perkembangan kota tambang (1896-1941) / Mucklis Toni Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK IrawanMucklis Toni 2016 Kota Tarakan SebuahDeskripsiPerkembangan Kota Tambang 1896-1941. Skripsi. JurusanIlmuSejarah. FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr. R. Reza Hudiyanto M.Hum Kata Kunci Kota Tarakan Tambang Perkembangan. Judulinipentingditelitikarenabelumbanyakkajiantentangkotatambang perkembangan Kota Tarakanmerupakantopik yang menarikkarenamenunjukanpengaruhdominandariinvestasitambangterhadapperkembanganpemukiman. Perkembangan Kota Tarakansebagaikotatambang 1890-1941dipengaruhiadanyakegiataneksplorasiminyak yang telahdimulaitahun 1896 olehBataavshe Petroleum Maathapij (BPM). Rumusanmasalahskripsiiniadalah(1)bagaimanagambaranumum Kota Tarakan (2)faktorapasaja yang menjadipendorongperkembangan Kota Tarakan(3)untukmendeskripsikanbagaimanadampakdariperkembangan Kota Tarakansebagaikotatambang. PenelitianinimerupakanpenelitianSejarah yang bersifatdeskriptifnaratifdenganmenggunakanmetodehistoris. Adapunlangkah-langkah yang dilakukanyaitupemilihantopik heuristik kritik interpretasi danhistoriografi. Hasildaripenelitianini yaitu perkembanganKotaTarakanmendapatpengaruhdarikegiatanpertambanganminyakBelandapadaakhirabad ke-19 M.PemerintahBelandamulaimengeksploitasitahun 1896 olehperusahaanNederlandsche Petroleum Company dampaksosial yang ditimbulkandariadanyapertambanganminyak di Kota Tarakanialahbanyaknyapendatangdanetnis yang tinggal di Tarakan. Berdasarkanpenelitian yang telahdilaksanakan diharapkanperlukajian yang lebihmendalammengenaisejarah Kota Tambang yang ada di Indonesia. Sehinggaperluadanyalanjutanpenelitiansejenisuntukmemberikaninformasitambahanmengenaisejarahperkembangankota di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91444

Actions (login required)

View Item View Item