Dinamika seni pertunjukan kethoprak Siswo Budoyo Tulungagung tahun 1958-1999 / Firman Nur Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika seni pertunjukan kethoprak Siswo Budoyo Tulungagung tahun 1958-1999 / Firman Nur Wicaksono

Wicaksono, Firman Nur (2016) Dinamika seni pertunjukan kethoprak Siswo Budoyo Tulungagung tahun 1958-1999 / Firman Nur Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono FirmanNur. 2016. DinamikaSeniPertunjukanKethoprakSiswoBudoyoTulungagungTahun 1958-1999. Skripsi Program StudiSejarah. JurusanSejarah. FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. I WayanLegawa M.Si. Kata Kunci dinamika seni pertunjukan kethoprak tulungagung Perubahanjamanmembuatgenerasimudalebihsenangdenganhal-halluarnegeridaripadaasli Indonesia apalagiterhadapbudayatradisional.Masyarakatsekaranglebihmenyukaimenonton film televisidaripadamenontonkethoprak.Terlebihgenerasisudahtidakmengertiapaitukethoprakapalagimemainkannyasehinggamembuatkethoprakmenjadihilang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahuisejarahdan dinamika senipertunjukanKethoprakSiswoBudoyoTulungagung tahun 1958-1999 (2) mengetahuikarakteristik senipertunjukanKethoprakSiswoBudoyoTulungagungtahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. Metode penelitian ini terdiri dari (1) pemilihan topik (2) pengumpulan sumber (3) verifikasi (4) interpretasi (5) penulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuknya KethoprakSiswoBudoyopada tahun 1958 dipengaruhiolehkesenianWayang Orang.Pertama pentas Kethoprak Siswo Budoyo hanyamengadakanpertunjukankeliling di sekitardesa semakin lama KethoprakSiswoBudoyoberkembanghinggakeluarkota bahkansampaikedaerah-daerah lain Pulau Jawa. Padamasatransisi di dalamtubuhorganisasiKethoprakSiswoBudoyomulaiterjadisuatukejenuhan.Kurangnya ide-ide baru dan anggota yang susahdiatur ditambahmeninggalnya Ki Siswondhomembuatkeadaan kethoprakini mulaisurut.Keadaanekonomidanperkembangansenitradisi yang semakinmenurunmembuatSiswoBudoyo akhirnya diberhentikan.Kethoprak Siswo Budoyo memiliki karakteristik yang berbeda daripada kethoprak yang lain. Kethoprak lain pada umumnya memperbanyak tembang daripada adegan sedangkan kethoprak Siswo Budoyo lebih memperbanyak adegan daripada tembangnya. Berdasarkan hasil penelitian mengenai dinamika seni pertunjukan Kethoprak Siswo Budoyo Tulungagung 1958-1999 maka dapat dikemukakan saran bagi Pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk lebih memperhatikan dan melestarikan potensi kesenian yang ada di Kabupaten Tulungagung. Bagi masyarakat diharapkan berperan serta dalam melestarikan seni pertunjukan Kethoprak Siswo Budoyo di Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91442

Actions (login required)

View Item View Item