Peranan mahasiswa IKIP MALANG pada kegiatan COMDECA 1993 di Lebakharjo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang / Ittaqi Chuirin 'Ien

'Ien, Ittaqi Chuirin (2019) Peranan mahasiswa IKIP MALANG pada kegiatan COMDECA 1993 di Lebakharjo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang / Ittaqi Chuirin 'Ien. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN ‘Ien, Ittaqi Chuirin. 2019. Peranan Mahasiswa IKIP Malang pada Kegiatan Comdeca 1993 di Lebakharjo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuliati, M.Hum., (II) Indah Wahyu Puji Utami, S.Pd., S.Hum., M.Pd. Kata Kunci: Comdeca, peranan, mahasiswa IKIP Malang Comdeca adalah kegiatan pembangunan masyarakat yang dilakukan oleh kepramukaan sedunia. Comdeca dilaksanakan di Desa Lebakharjo melalui berbagai pertimbangan, mulai dari jangkauan tempat dan pembangunan yang perlu dilakukan. Comdeca sebagai kegiatan sosial yang diikuti oleh berbagai negara membutuhkan mahasiswa untuk ikut serta mensukseskan kegiatan. Lokasi Comdeca yang berada di Provinsi Jawa Timur membuat mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur ikut serta menyukseskan kegiatan, salah satunya IKIP Malang. Melalui kegiatan tersebut mahasiswa IKIP Malang mengabdikan diri kepada masyarakat Lebakharjo, dan dampak dari kegiatan tersebut dapat dirasakan masyarakat sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mahasiswa IKIP Malang pada kegiatan Comdeca 1993. Terdapat tiga rumusan masalah, antara lain (1) kondisi Desa Lebakharjo sebelum Comdeca, (2) pelaksanaan kegiatan Comdeca 1993 di Lebakharjo, dan (3) peranan mahasiswa IKIP Malang pada kegiatan Comdeca 1993. Penelitian menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo yang terdiri dari lima tahapan, antara lain: pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi, dan penulisan sejarah. Hasil penelitian ini adalah Comdeca dilaksanakan untuk melanjutkan proyek pembangunan masyarakat yang dimulai sejak zaman PW Aspac 1978 di Lebakharjo, karena di Lebakharjo masih membutuhkan peningkatan perbaikan, baik sarana maupun prasarana. Kegiatan besar ini membutuhkan bantuan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, salah satunya IKIP Malang. Untuk turut serta dalam menyukseskan Comdeca, terdapat mahasiswa yang melalui seleksi ada pula yang tidak melalui seleksi. Mahasiswa yang tidak melalui seleksi merupakan tujuh mahasiswa IKIP Malang yang menjadi anggota UKM Gerakan Pramuka IKIP Malang. Tujuh mahasiswa tersebut bertugas sebagai waslitev (pengawas, penelitian dan evaluasi), logistik, dan minlog (administrasi logistik). Untuk mahasiswa yang melalui seleksi yaitu mahasiswa jurusan Sastra Inggris yang bertugas sebagai penerjemah. Seleksi dilakukan untuk mencari mahasiswa yang memiliki kemampuan berinteraksi menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Mahasiswa sebagai penerjemah terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya pada bakti fisik, kegiatan satuan karya, kegiatan pilihan, safari camp, dan lokakarya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91426

Actions (login required)

View Item View Item