Pengaruh industri gamelan terhadap kondisi sosial-ekonomi pengrajin gamelan di Desa Paju Ponorogo (1998-2017) / Hermin Dwi Purwaningsih

Purwaningsih, Hermin Dwi (2019) Pengaruh industri gamelan terhadap kondisi sosial-ekonomi pengrajin gamelan di Desa Paju Ponorogo (1998-2017) / Hermin Dwi Purwaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Purwaningsih, Hermin Dwi.2019.Pengaruh Industri Gamelan Terhadap Kondisi Sosial-Ekonomi Pengrajin Desa Paju Ponorogo(1998-2017).Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Drs.Kasimannudin Ismain,M.Pd. (2)Dra.Yuliati,M.Hum. Kata Kunci : industri gamelan, desa Paju, sosial-ekonomi Desa Paju merupakan lokasi berdirinya industri gamelan di Ponorogo. Sejarah industri gamelan berdiri sejak tahun 1973-an yang pada masa itu bahan dan alat pembuatan masih sangat sederhana. Pada awal berdirinya industri bahan pembuatan gamelan dibuat dari drum bekas aspal yang harganya terjangkau. Dari pendirian industri gamelan telah terjadi banyak perkembangan dan pengaruh bagi pengrajin maupun pemilik industri. Peneliti tertarik meneliti industri gamelan Desa Paju yang berperan penting dalam bidang sosial ekonomi dan perkembangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana perkembangan industri gamelan Desa Paju.(2) Bagaimana pengaruh industri gamelan terhadap kondisi sosial-ekonomi pengrajin Desa Paju. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. Metode penelitian sejarah terdiri dari lima tahap yaitu (1) pemilihan topik (2) heuristik yaitu tahapan pengumpulan data baik primer maupun data sekunder, (3) kritik sumber atau verifikasi tahapan untuk menguji keabsahan sumber yang diperoleh, (4) interpretasi yaitu penggambaran data dan informasi yang sudah diolah agar mudah dipahami, (5) Historiografi tahapan dalam penulisan penelitian secara sistematis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Perkembangan industri gamelan sejak pendirian hingga tahun 2017 terjadi peningkatan pemesanan dari dalam maupun luar daerah Ponorogo. Selain itu perkembangan terjadi di beberapa aspek yaitu modal usaha dari indutri gamelan yang semula pinjam para pemilik industri mulai menabung untuk memperoleh modal. Perkembangan tenaga kerja yang semula dikerjakan sendiri mulai dibantu tenaga kerja. Pemasaran gamelan dulu yang hanya melalui lisan saat ini mulai menggunakan media sosial. Pada bahan gamelan yang semula hanya menggunakan drum bekas saat ini sudah tersedia bahan dari plat besi dan kuningan. Teknologi yang digunakan juga mengalami perubahan meskipun tidak signifikan.(2) Pengaruh industri gamelan pada bidang sosial ekonomi terlihat sangat jelas dari yang mulanya petani dengan penghasilan pas-pasan untuk makan sehari-hari saat ini mengalami perubahan. Mereka juga memperbaiki rumah yang semula berlantai tanah sudah diganti dengan keramik. Pengaruh sosial yang terjadi kesadaran untuk menyekolahkan anak-anaknya mulai meningkat yang awalnya hanya tamat SMP sudah mulai menargetkan untuk lulus SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91415

Actions (login required)

View Item View Item