Dampak green history dalam pembelajaran sejarah melalui pendekatan kontekstual untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya bengawan Solo bagi siswa kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro / Heny Nur Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak green history dalam pembelajaran sejarah melalui pendekatan kontekstual untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya bengawan Solo bagi siswa kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro / Heny Nur Aisyah

Aisyah, Heny Nur (2016) Dampak green history dalam pembelajaran sejarah melalui pendekatan kontekstual untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya bengawan Solo bagi siswa kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro / Heny Nur Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisyah HenyNur. 2016. DampakGreen HistorydalamPembelajaranSejarahMelaluiPendekatanKontekstualuntukMenumbuhkanKesadaranPentingnyaBengawan Solo dalamKehidupanBagiSiswaKelasXII-IPS 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro.Skripsi Program StudiPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Yuliati M.Hum (2) Dr. JokoSayono M Pd M.Hum. Kata Kunci Green history Pendekaankontekstual Bengawan Solo. PelakanaanpenelitianinidilatarbelakangikarenakurangnyakesadaransiswamengenaipentingnyaBengawan Solo dalamkehidupan. Hal ituditunjukkan dengan sikapkebanyakansiswa SMA Negeri 3Bojonegoro yang belummembuangsampahpadatempatnya. Peneliti juga memberikan testawalterhadapsiswakelas XI-IPS 2 terkait Bengawan Solo untukmengukurpemahamandankesadaransiswaterhadappentingnyaBengawan Solo. Berdasarkan testawalmenunjukkan 4 dari 26 siswa yang sudahmemilikikesadaran dengan memberikanjawabanbahwaBengawan Solo menjadisumberpenghasilanmasyarakat. Melihat dari hasil testawaltersebut maka perluditerapkannyagreen historydalampembelajaranmelaluipendekatankontekstualuntukmenumbuhkankesadaransiswamengenaipentingnyaBengawan Solo. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif dengan jenispenelitiandeskriptifeksploratif. Subjekpenelitianiniialahsiswakelas XI-IPS 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro dengan jumlah 26 siswa. Prosedurpengumpulan data dengan menggunakanwawancara observasi testdandokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitianmenunjukkanadanya suatu perubahanyang ditunjukansiswa berdasarkanhasil test.Padatestawaldari 26 siswamenunjukkan 15 siswamasukdalamhierarki pengetahuanpadatestakhirterdapat 5 siswadalamhierarki pengetahuan. Padatestawalterdapat 7 siswamasuk hierarki pemahamansedangkanpadatestakhirterdapat 6 siswa. Perubahan yang cukuppesatterdapatpadahierarki penerapan padatestawalhanyaterdapat 4 siswasedangkanpadatestakhirmenunjukkan 15dari 26 siswasiswadalam hierarki penerapan. Hal itumenunjukkanmeningkatnyajumlahsiswa yang mempunyaipemikiranbahwaBengawan Solo memiliki nilai pentingdalamkehidupan.Guru seharusnya tidak hanya terfokus pada penyampaian materi saja akan tetapi guru juga diharapkan untuk dapat mengkaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari mengingat kurangnya kepedulian siswa terhadap lingkungan. Penggunaan green history dalam pembelajaran sejarah adalah salah satu cara untuk menumbuhkan kesadaran siswa mengenai pentingnya rasa peduli terhadap lingkungan dan hidup selaras dengan alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91386

Actions (login required)

View Item View Item