Pengembangan multimedia pembelajaran IPS SMP kelas VII materi kehidupan sosial masyarakat Indonesia / Ahmad Saefudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran IPS SMP kelas VII materi kehidupan sosial masyarakat Indonesia / Ahmad Saefudin

Saefudin, Ahmad (2016) Pengembangan multimedia pembelajaran IPS SMP kelas VII materi kehidupan sosial masyarakat Indonesia / Ahmad Saefudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saefudin Ahmad. 2016. Pengembangan MultimediaPembelajaran IPS SMP Kelas VII MateriKehidupanSosialMasyarakat Indonesia. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. SitiMalikhahTowaf M.A Ph.D (II) Drs. Soetjipto S.H. M.Pd. Kata Kunci pengembangan multimedia pembelajaran IPS Salah satuteknologipendidikan yang saatiniterusdikembangkanyaitu media pembelajaran. Keberadaan media pembelajarandalamkegiatanbelajarmengajarmenjadihal yang sangatpenting. Hal inikarenalebihefektifuntukmemberikanpemahamankepadapesertadidikdalam proses kegiatanpembelajaran. Makadariitumasihsangatperluuntukdikembangkanberbagaimacam media pembelajarankhusunyapadamatapelajaran IPS SMP kelas VII. Media pembelajaran yang dikembangkanyaitu multimedia pembelajaran IPS yang memuatmaterikehidupansosialmasyarakat Indonesia. Sedangkantujuandaripenelitiandanpengembanganiniyaitu 1) menganalisiskebutuhan guru IPS terhadap media pembelajaran yang inovatifdanbervareatif 2) menghasilkanproduk multimedia pembelajaranIPSmaterikehidupansosialmasyarakat Indonesia 3) mengvalidasikelayakanproduk multimedia pembelajaran IPS SMP kelas VII materikehidupansosialmasyarakat Indonesia 4) mengujicobakelayakanproduk multimedia pembelajaran IPS SMP kelas VII materikehidupansosialmasyarakat Indonesia 5) menghasilkanprodukakhir multimedia pembelajaran IPS SMP kelas VII materikehidupansosialmasyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall. Model penelitian dan pengembangan Borg and Gall ini memiliki sepuluh langkah dalam penelitian dan pengembangan yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk dan 10) produksi masal. Kemudian jenis data yang digunakandalampenelitiandanpengembanganiniadalah data ordinal dengancarapengumpulan data menggunakankuesioner. Sedangkan analisis data menggunakan rumus mean dan persentase. Hasil daripenelitiandanpengembanganiniyaitu 1) ada kebutuhan guru IPS terhadap media pembelajaran yang inovatif dan bervareatif 2) hasil dari penelitiandanpengembanganini yaitu multimedia pembelajaran IPS materikehidupansosialmasyarakat Indonesia 3) hasil validasi dari ahli materi IPS memperoleh skor 3.6atau 90% sedangkan hasil validasidari ahli media pembelajaran memperoleh skor3.6atau 91% 4) nilai hasil akhirujicobaprodukberdasarkanaspekkemenarikkan memperoleh skor 3.6 atau 89% aspek efesiensi 3.3 atau 82% dan aspek efektivitas 3.4 atau 85%. Sedangkan jumlah rata-rata nilai hasil akhir uji coba produk memperoleh skor 3.4atau 85% 5) produk akhir dari penelitiandanpengembanganini yaitu multimedia pembelajaran IPS. Berdasarkan data yang diperoleh maka multimedia pembelajaran IPS ini sangatbaik sangatmenarik sangatmudah dansangatsesuaisehinggasangat layakdigunakansebagai media pembelajaran IPS SMP kelas VII materikehidupansosialmasyarakat Indonesia. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu masih sangat perlu dikembangkan kembali media pembelajaran dengan materi pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91343

Actions (login required)

View Item View Item