Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Mts Nurul Hidayah Sumengko Kalitidu Bojonegoro / Ummu Iffati A'yunin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Mts Nurul Hidayah Sumengko Kalitidu Bojonegoro / Ummu Iffati A'yunin

A'yunin, Ummu Iffati (2016) Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Mts Nurul Hidayah Sumengko Kalitidu Bojonegoro / Ummu Iffati A'yunin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A yunin Ummu I. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Nurul Hidayah Sumengko Kalitidu Bojonegoro. Skripsi. Prodi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing I) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph. D II) Drs. Soetjipto S.H. M.Pd. Kata Kunci Picture and Picture Minat belajar Hasil Belajar IPS Salah satu prinsip pendidikan adalah diselenggarakan sebagai proses pembudayaan dan pemberdayaan siswa yang berlangsung sepanjang hayat. Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif inspiratif dan menyenangkan sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis siswa (Majid 2013 37). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diperoleh informasi bahwa model pembelajaran Picture and Picture belum pernah diterapkan media pembelajaran belum digunakan secara maksimal siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran IPS berdasarkan hasil angket pra penelitian hasil belajar siswa masih rendah yang dibuktikan dengan hasil Ujian Tengah Semester I. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan memperbaiki praktek pembelajaran dan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Pengumpulan data menggunakan tes observasi angket catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs. Nurul Hidayah berjalan dengan sangat baik. Rata-rata nilai kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran Picture and Picture mengalami peningkatan sebesar 4 76 dari siklus I ke siklus II. Sedangkan rata-rata kemampuan siswa dalam menerapkan model pembelajaran Picture and Picture mengalami peningkatan sebesar 7 81. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan minat belajar siswa. Minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10 35 % setelah diterapkannya model pembelajaran Picture and Picture. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan kognitif. Pada ranah afektif sikap sosial siswa mengalami peningkatan sebesar 10 33 dan pada ranah kognitif mengalami peningkatan sebesar 7 2. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan yaitu penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran IPS kelas VIII berjalan dengan sangat baik. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan kognitif.Disarankan untuk siswa lebih teliti dalam memasangkan gambar pada model pembelajaran Picture and Picture. Bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian pada tema pembelajaran lain dengan ranah yang sama dengan penelitian ini yakni afektif dan kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91342

Actions (login required)

View Item View Item