Khasanah, Ulfa Uswatun (2016) Penerapan pembelajaran think pair share dipadu dengan talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang / Ulfa Uswatun Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khasanah Ulfa Uswatun. 2016. Penerapan Pembelajaran Think Pair Share Dipadu dengan Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Soetjipto S.H. M.Pd. (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata Kunci Think Pair Share Talking Stick Hasil Belajar IPS Proses pembelajaran memiliki tujuan mengembangkan seluruh potensi yang ada pada diri manusia secara optimal baik aspek pengetahuan (kognitif) sikap (afektif) maupun keterampilan (psikomotorik). Suatu pembelajaran membutuhkan guru yang bertugas sebagai fasilitator dan motivator yang membelajarkan peserta didik. Salah satu alternatif yang dapat digunakan guru adalah menerapkan pembelajaran kooperatif. Terdapat beberapa tipe pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan pada mata pelajaran IPS. Pada penelitian ini model pembelajaran kooperatif yang diterapkan adalah think pair share dan talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keberhasilan pembelajaran think pair share dipadu dengan talking stick 2) mengetahui perbedaan pembelajaran think pair share dipadu dengan talking stick dengan pembelajaran pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment model nonequivalent control group design. Instrumen penelitian meliputi instrumen pembelajaran (silabus RPP materi dan lembar kerja siswa) dan instrumen pengukuran (soal tes). Analisis data dilakukan dengan uji t pada taraf signifikansi 945 0 05. Variabel bebas adalah pembelajaran think pair share dipadu dengan talking stick dan variabel terikat adalah hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran think pair shareyang dipadu dengan talking stick telah terlaksana dengan kriteria baik. Rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran think pair share dipadu dengan talking stick sebesar 80 17%. Hasil penelitin selanjutnya menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Dalam penelitian ini dapat diketahui adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dari 56 75 menjadi 80 75. Penelitian ini hanya mengkaji penerapan pembelajaran think pair share dan talking stick terhadap hasil belajar kognitif siswa sehingga peneliti selanjutnya perlu mengkaji lebih lanjut tentang variabel lain seperti motivasi belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya mencoba untuk menerapkan pembelajaran think pair share dan talking stick pada kelas eksperimen. Sehingga pada saat penelitian siswa sudah terbiasa dengan model-model pembelajaran yang akan digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/91341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |