Pemanfaatan remitensi oleh keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) luar negeri di Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung / Luki Salwa Novitasari

Novitasari, Luki Salwa (2019) Pemanfaatan remitensi oleh keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) luar negeri di Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung / Luki Salwa Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Novitasari, Luki Salwa. 2019. Pemanfaatan Remitensi Oleh Keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) Luar Negeri di Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. I Nyoman Ruja, S.U (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S. Ant., M.A Kata Kunci : TKW, Remitensi dan Keluarga. Bekerja di luar negeri sebagai TKW merupakan pilihan masyarakat Desa Ngunggahan. Hidup di wilayah perdesaan dan tingkat pendidikan yang dimiliki hanya sampai SD atau SMP tidak memberikan banyak perubahan dalam peningkatan ekonomi keluarga. Oleh karena itu, masyarakat bekerja di luar negeri yang mana bisa menerima mereka sesuai pendidikan yang dimiliki sekaligus mendapatkan penghasilan yang besar. Penghasilan yang dikirimkan kepada keluarganya ini disebut remitensi. Pengiriman remitensi bergantung pada bentuk remitensi yang dikirimkan oleh TKW. Kemudian, remitensi dapat dimanfaatkan oleh keluarga TKW untuk mencukupi kebutuhan baik secara konsumtif maupun produktif. Adapun fokus penelitian ini adalah: (1) apa alasan masyarakat bekerja menjadi TKW di luar negeri? (2) apa saja bentuk remitensi yang diterima oleh keluarga (3) bagaimana proses pengiriman remitensi dari TKW luar negeri untuk keluarga? (4) bagaimana pemanfaatan remtensi yang diterima oleh keluarga? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menempatkan peneliti sebagai instrumen utama dan pengumpul data. Lokasi penelitian berada di Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa alasan TKW bekerja di luar negeri adalah (1) keinginan meningkatkan kesejahteraan keluarga, (2) melunasi hutang, (3) membiayai pendidikan anak. Ada tiga bentuk remitensi yang dikirim TKW diantaranya (1) uang, (2) barang (3) nasehat. Proses pengiriman remitensi dapat melalui (1) jasa transfer bank, (2) jasa ekspedisi pengiriman barang, (3) aplikasi sosial media WhatsApp. Pemanfaatan remitensi dikelompokkan menjadi dua yaitu secara konsumtif dan produktif. Secara konsumtif diantaranya (1) pemenuhan kebutuhan, (2) pemenuhan alat transportasi, (3) melunasi hutang, (4) merenovasi rumah. Sedangkan pemanfaatan remitensi secara produktif diantaranya: (1) biaya pendidikan anak (2) modal usaha. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji mengenai dampak pemanfaatan remitensi terhadap kehidupan sosial ekonomi keluarga TKW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91339

Actions (login required)

View Item View Item