Konstruksi sosial mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Universitas Negeri Malang / Sri Lestari

Lestari, Sri (2020) Konstruksi sosial mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Universitas Negeri Malang / Sri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lestari, Sri. 2019. Konstruksi Sosial Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. GM. Sukamto, M.Pd.M.Si., (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant.M.A. Kata Kunci: Pendidikan, fluktuasi, PIPS Prodi PIPS adalah salah satu bagian dalam Fakultas Ilmu Sosial. Keberadaan Prodi Pendidikan IPS di Universitas Negeri Malang ini masih tergolong baru yaitu berdiri pada tahun 2012. Jumlah mahasiswa yang berminat belajar di Prodi IPS ini pun mengalami fluktuasi. Fluktuasi atau bahkan penurunan jumlah peminat Prodi PIPS ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Berdasarkan pemaparan, maka fokus penelitian ini adalah: (1) menganalisis motivasi mahasiswa memilih prodi PIPS Universitas Negeri Malang, (2) menganalisis persepsi mahasiswa terkait Prodi PIPS Universitas Negeri Malang, (3) menganalisis konstruksi sosial mahasiswa PIPS Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di prodi PIPS Universitas Negeri Malang. Data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan informan menggunkan purposive dan snowball. Informan kunci dalam penelitian ini berjumlah 14 yaitu mahasiswa PIPS angkatan 2017 dan informan pendukung berjumlah 3 yang terdiri dari dosen dan orangtua. Prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan dan penulisan laporan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil: (1) motivasi mahasiswa memilih program studi Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri karena adanya motivasi intrinsik dan ekstrinsik, (2) persepsi positif mahasiswa terkait prodi PIPS adalah keberadaan sarana dan prasarana yang memadai, prospek kerja yang cerah dimasa yang akan datang dan perhatian dosen kepada mahasiswa. Mahasiswa menilai kekurangan Prodi PIPS terletak pada kurikulum, (3) mahasiswa terkontruksi untuk memilih program studi PIPS atas dasar dorongan lingkungan keluarga, opini dari media massa dan alumni. Para mahasiswa mengikuti semua kegiatan yang ada di prodi PIPS. Mahasiswa merasa nyaman menjadi bagian dari Prodi PIPS. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji tentang ketertarikan mahasiswa untuk menentukan pilihan jurusan dan hambatan awal mahasiswa setelah masuk perguruan tinggi. Selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas Prodi PIPS yaitu sarana dan prasarana yang perlu dikembangkan seperti adanya kelas microteaching dan penambahan jumlah mata kuliah lapangan pada kurikulum PIPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91336

Actions (login required)

View Item View Item