Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan siswa SMP Negeri 15 Malang / Sri Nuzulia

Nuzulia, Sri (2019) Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan siswa SMP Negeri 15 Malang / Sri Nuzulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nuzulia, Sri. 2019. Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 15 Malang. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sukamto, M.Pd., M.Si (II) Agus Purnomo, M.Pd. Kata Kunci: Adiwiyata, Implemetasi, Karakter peduli Lingkungan Aktivitas manusia adalah salah satu unsur yang menentukan kualitas lingkungan hidup. Dalam dunia pendidikan disalurkan lewat Adiwiyata merupakan program unggulan yang diterapakan di SMP Negeri 15 Malang sebagai kurikulum dasar belajar dan pembelajaran berlandasakan pendidikan lingkungan hidup yang memuat karakter peduli lingkungan. Berdasarkan pemaparan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi Program Adiwiyata di SMP Negeri 15 Malang?, (2) Bagaimana dinamika karakter pedulilingkungan siswa SMP Negeri 15 Malang?, (3) Bagaimana perspektif siswa terhadap implemetasi karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 15 Malang? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ada tiga, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu informan pendukung dan informan kunci. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang memiliki empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap penelitian ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu (1) Program Adiwiyata dalam menanamkan karakter peduli lingkungan siswa SMP Negeri 15 Malang terdapat pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) setiap mata pelajaran dengan penerapan teori maupun praktek serta dikembangkan dengan kegiatan ekstrakurikuler.(2) Dinamika karakter peduli lingkungan siswa SMP Negeri 15 Malang dapat dikatakan berhasil tercapai, dengan proses yang disalurkan lewat sosialisasi ditunjukkan melalui interaksi penerapan karakter peduli lingkungan dari pembina Adiwiyata terhadap guru mata pelajaran, siswa duta lingkungan maupun siswa regular. (3) Perspektif siswa mengenai minat dan pentingnya terlibat mendapat respon baik, ditunjukkan dengan siswa memiliki tujuan saat mengikuti kegiatan Adiwiyata di sekolah. Tujuan tersebut yang membuat siswa ikut berperan aktif dalam penerapan program Adiwiyata di sekolah dan diharapkan kedepannya agar bisa memproduksi kompos organik sendiri dan mendapatkan nilai jual ekonomi.Adapun saran bagi peneliti yang akan datang diharapkan agar dapat melanjutkan dan memperbaharui penelitian pada fokus penelitian ini dengan topik pada sekolah imbas dari sekolah berstatus Adiwiyata mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91332

Actions (login required)

View Item View Item