Problematika pendidikan anak nelayan Kelurahan Ngemplakrejo Kota Pasuruan / Indah Rochmatuzzahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pendidikan anak nelayan Kelurahan Ngemplakrejo Kota Pasuruan / Indah Rochmatuzzahroh

Rochmatuzzahroh, Indah (2019) Problematika pendidikan anak nelayan Kelurahan Ngemplakrejo Kota Pasuruan / Indah Rochmatuzzahroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rochmatuzzahroh Indah. 2019. Problematika Pendidikan Anak Nelayan Kelurahan Ngemplakrejo Kota Pasuruan. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nyoman Ruja S.U (II) Agus Purnomo M.Pd Kata Kunci Karakteristik Putus Sekolah Nelayan Muda Kenakalan Remaja Motivasi Permasalahan pendidikan anak nelayan cukup memprihatinkan hal ini dilihat dari kehidupan anak nelayan yang ikut bekerja di laut menangkap ikan untuk mendapatkan uang demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Rendahnya pendidikan anak nelayan dapat dilihat Berdasarkan data dari SMPS Darul Ulum Ngemplakrejo tahun 2017 setiap tahun ajaran baru kurang lebih sepuluh peserta didik mengalami putus sekolah. Menurut Kepala Sekolah SMPS Darul Ulum Ngemplakrejo peserta didik yang mengalami putus sekolah mayoritas berasal dari keluarga nelayan. Berdasarkan pemaparan di atas fokus peelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik orang tua anak nelayan Kelurahan Ngemplakrejo Kota Pasuruan . (2) Bagaimana problematika pendidikan anak nelayan Kelurahan Ngemplakrejo Kota Pasuruan . (3) Apa motivasi orang tua anak nelayan memperbolehkan anaknya menjadi nelayan . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik snowball. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua nelayan dananaknelayandi KelurahanNgemplakrejoKota Pasuruan. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini terbagi atas informan kunci dan informan pendukung. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis penelitianini menggunakan model interkatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik orang tua anak nelayan putus sekolah meliputi latar belakang pendidikan yang rendah kepemilikan tempat tinggal ada yang milik pribadi dan ada juga yang menyewa jenis pekerjaan sebagai nelayan buruh pendapatan yang tidak menentu dan pengeluaran yang banyak menyebabkan tidak bisa menabung. Problematika pendidikan yang terjadi pada nelayan Kelurahan Ngemplakrejoyaitu putus sekolah yang menyebabkan anak bekerja sebagai nelayan dan melakukan kenakalan remaja. Motivasi orang tua memperbolehkan anak bekerja sebagai nelayan meliputi motivasi intrinsik yaitu faktor budaya turun-temurun dan rendahnya ekonomi orang tua. Motivasi ekstrinsik yaitu keinginan dari anak itu sendiri bekerja sebagai nelayan dan faktor lingkungan sosial. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan rujukan untuk program studi Pendidikan Ilmu Sosial tentang patologi sosial. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian mengenai kenakalan remaja yang dilakukan oleh anak nelayan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91330

Actions (login required)

View Item View Item