Kecanduan game online mobile legends dan ketidakmampuan manajemen waktu pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Helmi Fadhlan Nafi'

Nafi', Helmi Fadhlan (2020) Kecanduan game online mobile legends dan ketidakmampuan manajemen waktu pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Helmi Fadhlan Nafi'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nafi’, Helmi Fadhlan. 2019. Kecanduan Game Online Mobile Legends dan Ketidakmampuan Manajemen Waktu pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nyoman Ruja, S.U., (II) I Dewa Putu Eskasasnanda,S.Ant,M.A Kata Kunci : Game Online, Mobile Legends, Mahasiswa, Manajemen Waktu Manusia sebagai makhluk yang diciptakan oleh Tuhan memiliki berbagai kebutuhan. Kebutuhan manusia salah satunya adalah kebutuhan untuk memperoleh hiburan. Salah satu bentuk hiburan adalah game online Mobile Legends. Game online Mobile Legends memiliki ciri khas dimana pemain harus mengatur strategi permainan dan misi untuk mencapai pangkat tertinggi, sehingga menyebabkan mahasiswa kecanduan. Banyaknya mahasiswa yang kecanduan dalam bermain menunjukkan adanya fenomena ketidakmampuan mahasiswa dalam memanajemen waktu dengan baik. Ketidakmampuan mahasiswa memanajemen waktu dapat berbahaya karena membuat mahasiswa mengabaikan tugas kuliah dan membuang waktu sia-sia. Berdasarkan pemaparan, fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakteristik mahasiswa pemain game online Mobile Legends di FIS UM? (2) Apa motivasi mahasiswa pemain game online Mobile Legends di FIS UM? (3) Bagaimana dampak game online Mobile Legends terhadap kemampuan manajemen waktu mahasiswa FIS UM? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan informan menggunakan teknik snowball. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan penulisan laporan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil, yaitu (1) Karakteristik mahasiswa pemain Mobile Legends FIS UM adalah durasi bermain tinggi, tergabung dalam squad, mengidolakan pemain profesional dan memiliki beberapa akun Mobile Legends. (2) Motivasi mahasiswa pemain Mobile Legend FIS UM adalah mencari hiburan, latihan untuk turnamen, ingin memiliki banyak teman dan menyelesaikan misi dalam game (3) Dampak Mobile Legends terhadap kemampuan manajemen waktu mahasiswa FIS UM adalah mengabaikan waktu belajar, gangguan waktu perkuliahan, pengabaian waktu istirahat hingga jatuh sakit dan kurang memiliki waktu untuk bersosialisasi. Saran bagi peneliti selanjutnya, diharapkan melakukan penelitian tentang dampak positif bermain game online Mobile Legends di kalangan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91321

Actions (login required)

View Item View Item