Pengaruh latihan sirkuit training terhadap kemampuan motorik kasar pada siswa tunagrahita sedang di SDLBN Kedungkandang Malang / Desi Chuluqi Fitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latihan sirkuit training terhadap kemampuan motorik kasar pada siswa tunagrahita sedang di SDLBN Kedungkandang Malang / Desi Chuluqi Fitri

Fitri, Desi Chuluqi (2018) Pengaruh latihan sirkuit training terhadap kemampuan motorik kasar pada siswa tunagrahita sedang di SDLBN Kedungkandang Malang / Desi Chuluqi Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fitri Desi Chuluqi 140154600342 Pengaruh Sirkuit Training Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Pada Siswa Tunagrahita Sedang di SDLBN Kedungkandang Malang . Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sudarsini M.Pd Pembimbing (II) Dr.Sihkabuden M.Pd Kata kunci Tunagrahita Sedang Latihan Sirkuit Training Kemampuan Motorik Kasar. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mempunyai perbedaan karakteristik dengan anak lainnya (anak normal) perbedaan anak berkebutuhan dengan anak lainnya biasanya terletak pada karakteristik fisik emosional mental intelektual serta sosialnya. Salah satu jenis anak berkebutuhan khusus yakni Tunagrahita. Tunagrahita adalah istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang mempunyai kemampuan intelektual di bawah rata-rata. Tunagrahita sedang adalah anak yang memiliki IQ 25-50. Sirkuit training adalah suatu jenis latihan yang bersifat melatih kekuatan otot dan keseimbangan gerak seluruh tubuh serta latihan kekuatan dengan menggabungkan manfaat dari kelenturan dan kekuatan fisik. Di dalam sirkuit training terdapat konsep yaitu mempunyai beberapa pos yang akan dilakukan oleh siswa tersebut dengan melewati pos. Pos tersebut terdiri dari 5 pos dan siswa melakukan sirkuit dengan melewati sebuah pembatas seperti cone ice cream dengan penilaian melalui jarak serta waktu yang akan ditempuh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan motorik kasar sebelum diberikan sirkuit training. (2) mendeskripsikan kemampuan motorik kasar sesudah diberikan sirkuit training.(3) mendeskripsikan pengaruh sirkuit training terhadap motorik kasar pada siswa Tunagrahita sedang di SDLBN Kedungkandang Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Single Subject Research dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah anak Tunagrahita Sedang kelas 1 SDLBN Kedungkandang Malang. Instrumen penelitian ini menggunakan yang berisikan tentang kemampuan Motorik Kasar anak berdasarkan tahapan pada latihan sirkuit training fase 1 sampai fase 6 dengan menggunakan kriteria penilaian skor maksimal adalah 4 dan 1 adalah skor minimal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis visual dalam bentuk grafik data antar kondisi dan dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan sirkuit training berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak Tunagrahita sedang di SDLBN Kedungkandang Malang. Hal ini ditunjukkan dengan presentase overlap 0% yang berarti bahwa intervensi berupa latihan sirkuit training memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan motorik kasar anak Tunagrahita di SDLBN Kedungkandang Malang. Selain itu hasil analisis data menunjukkan kemampuan motorik kasar anak Tunagrahita mengalami peningkatan pada kondisi Baseline-2 (A2) atau kondisi kontrol yaitu skor stabil 62 5% skor tersebut lebih tinggi dari kondisi Baseline-1 (A1) atau kondisi sebelum diberikan intervensi dengan skor stabil 31 67%. ii Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa latihan sirkuit training terdapat pengaruh terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak Tunagrahita sedang di SDLBN Kedungkandang Malang. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Peneliti menyarankan kepada guru disekolah agar menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk para guru dalam menangani permasalahan pada siswa permasalahan motorik kasar anak khususnya dalam olahraga latihan sirkuit training. (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menjadikan ini sebagai pedoman untuk menemukan yang baru demi mengembangkan penelitian ini atau mencobakannya kepada anak lainnya bahkan selain tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9118

Actions (login required)

View Item View Item