Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui metode global pada anak autis kelas 1 di SDLB Riverkids Kota Malang / Rochmat Darussalam

Darussalam, Rochmat (2019) Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui metode global pada anak autis kelas 1 di SDLB Riverkids Kota Malang / Rochmat Darussalam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Darussalam, Rochmat. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Global Pada Anak Autis Kelas I di SLB River Kids Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes (II) Drs. Abdul Huda, M.Pd Kata Kunci: Anak Autis, Kemampuan Menulis Permulaan, Metode Global Penelitian dilaksanakan pada anak autis kelas I SDLB Riverkids Kota Malang, ditemukan adanya masalah kemampuan siswa dalam menulis. Hal tersebut disebabkan oleh yaitu (1) rendahnya kemampuan menulis menulis permulaan anak menyebabkan anak masih menulis perhuruf dalam kalimat (2) rendahnya kemampuan berbahasa anak menyebabkan kesulitan dalam menyalin tulisan secara utuh (3) belum efektifnya metode yang digunakan guru untuk mengajarkan menulis permulaan. Maka peneliti berinisiatif untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dengan melakukan penelitian Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metod Global pada Anak Autis Kelas 1 di SDLB Riverkids Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa autis dengan menggunakan metode global, 2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar menulis permulaan siswa autis dengan metode global. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa autis kelas I yang berjumlah 5. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukannya proses pembelajaran menggunakan metode global pada sikluas I dengan nilai rata-rata 60,00 dibawah ketuntasan belajar. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,00 diatas ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penerapan metode global dapat meningkatkan hasil belajar menulis permualaan siswa autis kelas 1 SDLB Riverkids Kota Malang. Dari keberhasilan peningkatan hasil belajar disarankan bagi guru dapat menerapkan metode global untuk meningkatkan hasil belajar menulis permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9117

Actions (login required)

View Item View Item